Warga di Bone Angkut Jenazah Pakai Perahu Imbas Jembatan Putus

Agung Pramono - detikSulsel
Sabtu, 13 Agu 2022 23:08 WIB
Jenazah di Bone diangkut pakai perahu usai jembatan terputus.
Foto: Jenazah di Bone diangkut pakai perahu usai jembatan terputus. (Dok. Istimewa)
Bone -

Warga Desa Polewali, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengangkut jenazah menggunakan perahu. Hal ini lantaran jembatan gantung terputus hingga akses penyeberangan hanya bisa lewat sungai.

"Diangkut menggunakan perahu. Jembatan masih putus, dan belum dilakukan perbaikan," kata warga Desa Polewali Ahmad kepada detikSulsel pada Sabtu (13/8/2022).

Kejadian itu berlangsung di Sungai Tempe Desa Polewali, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone pada Jumat (12/8) kemarin. Jenazah itu akan dibawa menyeberang ke Kelurahan Awang Tangka, wilayah yang berbatasan langsung dengan Desa Polewali.


"Yang meninggal itu Bapak Naimin, warga Desa Polewali. Akan dikebumikan di pekuburan Bulu Senrung yang berada di belakang SMA Kajuara," sebutnya.

Ahmad menambahkan, jarak antara kediaman jenazah dengan kuburan sekitar 1 kilometer. Warga menggotongnya ke sungai, kemudian menyeberang naik perahu. Hingga digotong kembali menuju kuburan ketika sampai di seberang desa..

"Kami berharap agar pemerintah cepat melakukan perbaikan dengan jembatan yang ada di desa kami. Selama jembatannya putus kami merasa kesulitan," harap Ahmad.

Diberitakan sebelumnya Pemkab Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan segera memperbaiki jembatan gantung yang putus di Desa Polewali. Anggaran yang dialokasikan adalah Rp 2 miliar.

"Sudah ada anggaran yang disiapkan. Estimasinya sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 2,5 miliar, dan akan segera dikerja secepatnya," kata Sekda Bone Andi Islamuddin kepada detikSulsel, Selasa (9/8).

Islamuddin menyebut sumber anggarannya diambil dari dana Biaya Tak Terduga (BTT). Jembatan Desa Polewali yang putus memang menjadi atensi Bupati Bone untuk segera diperbaiki.

"Untuk pengerjaannya kami sudah menyampaikan ke Dinas BMCKTR (Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang). Apalagi ini menjadi atensi Bapak Bupati Bone (Andi Fahsar Mahdin Padjalangi)," jelasnya.

Sekadar diketahui jembatan gantung di Dusun Barakkao, Desa Polewali, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone rusak pada Sabtu (5/8) sekitar pukul pukul 19.30 Wita. Penyebab jembatan ambruk karena kelebihan beban yang mengakibatkan talinya putus.



Simak Video "Polisi Selidiki Penyebab Putusnya Jembatan Gantung di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/sar)