Layanan Kelurahan di Makassar Numpang Kontainer gegara Kantor Bermasalah

Tim detikSulsel - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 07:20 WIB
Kantor kelurahan di Makassar numpang di kontainer.
Foto: Kantor kelurahan di Makassar numpang di kontainer. (Nurul Itiqamah/detikSulsel)
Makassar -

Sejumlah kantor kelurahan di Kota Makassar, Sulsel, rusak hingga terpaksa menumpang di kontainer. Pelayanan perkantoran dan urusan administrasi terhadap warga pun jadi terbatas.

Salah satu contohnya, kantor Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar. Kontainer Makassar Recover untuk penanganan COVID dialihfungsikan menjadi kantor kelurahan sementara.

Lurah Tidung Andi M Kamil mengungkapkan, kantor kelurahan sudah sejak tahun 2021 rusak parah. Atap bocor dan plafon yang rusak berjatuhan membuat layanan tidak representatif dilakukan di kantor.


"Makanya itu pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Tidung itu kami pindahkan di kontainer kelurahan," ungkap Lurah Tidung Andi M Kamil kepada detikSulsel di lokasi, Selasa (9/8).

Saat ini urusan perkantoran dilakukan di kontainer di Lapangan Delta Jalan Pengayoman Makassar. Lokasinya 450 meter dari kantor Kelurahan Tidung yang bangunannya sekarang menunggu direhabilitasi.

Di kontainer berukuran 2x5 meter itu, urusan perkantoran dikerja dalam kondisi terbatas. Kamil tidak punya ruangan tersendiri seperti sebelumnya karena ruang yang kecil.

"Karena kita ketahui memang ruangan kontainer itu kan terbatas. Jadi kami hanya pakai untuk pelayanan saja," imbuhnya.

Kantor kelurahan di Makassar numpang di kontainer.Foto: Tenda dipasang di luar kontainer digunakan sebagai tempat menunggu warga dilayani untuk urusan Kantor Kelurahan Tidung. (Nurul Itiqamah/detikSulsel)

Di dalam kontainer, hanya muat satu meja khusus urusan pelayanan. Lalu meja lainnya dipakai untuk menerima tamu atau warga yang hendak konsultasi.

"Ya namanya kontainer ada keterbatasan tapi Alhamdulillah kalau saya sih ini cukup representatif karena masyarakat pun juga selama datang di kami tidak ada juga yang mengeluh," imbuh Kamil.

Pihaknya berharap kantor Kelurahan Tidung yang rusak bisa segera direnovasi. Menurutnya proses perbaikan sudah masuk tahap perencanaan.

"Inikan sudah masuk dalam proses perencanaan. Nanti sudah masuk perencanaan baru masuk di tahap pengerjaannya. Mungkin dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

Bangun Tenda sebagai Ruang Tunggu

Keterbatasan ruangan di kantor, membuat pihak kantor Kelurahan Tidung mendirikan tenda di sekitar kontainer. Tenda tersebut khusus sebagai tempat menunggu bagi warga yang hendak dilayani.

"Karena tidak muat itu di dalam (kontainer), dibikin lah tenda seperti ini," ucap Sekretaris Kelurahan Tidung, Idris saat ditemui di lokasi kontainer.

Pasalnya kontainer tidak cukup untuk menampung staf dan tamu. Di tenda yang didirikan sekalipun, staf dan warga tidak jarang berbagi tempat duduk karena terbatasnya fasilitas.

"Kadang kalau ada tamu datang, duduk di sini (tenda) kita minggir ke sana karena dipersilahkan tamu itu yang duduk. Ya ndak mungkin itu tamu berdiri lantas kita duduk di sini," urai dia.

Simak respons warga di halaman selanjutnya...