Desa Tapong di Bone Dilirik DPRD, Perbaikan Jalan Dianggarkan Rp 1,5 M

Agung Pramono - detikSulsel
Selasa, 02 Agu 2022 23:57 WIB
DPRD Bone menganggarkan perbaikan akses jalan dan jembatan di Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe.
Foto: DPRD Bone menganggarkan perbaikan akses jalan dan jembatan di Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe. (Agung Pramono/detikSulsel)
Bone -

DPRD Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk peningkatan jalan dan perbaikan jembatan di Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe. TNI akan dilibatkan untuk pengerjaannya nanti dalam bentuk Karya Bakti TNI AD.

"Sekitar Rp 1,5 miliar anggaran semuanya untuk peningkatan jalan dan jembatan. Anggarannya bersumber dari APBD Pokok," kata Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan kepada detikSulsel, Selasa (2/8/2022).

Lokasi peningkatan jalan tersebut mulai dari perbatasan Desa Batu Putih ke Desa Tapong, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone. Desa ini berada di wilayah barat Kabupaten Bone yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barru.


Irwandi menyebut, akses jalan di desa ini masih sangat memprihatinkan. Makanya DPRD dan Pemkab Bone akan melakukan perbaikan.

"Kami (DPRD) bersama TNI dalam bentuk karya bakti yang nantinya akan dikerjakan yang menghubungkan Desa Tapong, Batu Putih, dan Desa Gaya Baru ibukota Kecamatan Tellu Limpoe. Panjang jalannya sekitar 4 km," bebernya.

Dia menambahkan, untuk jembatan gantung yang menghubungkan Desa Batu Putih dengan Desa Tapong harus dilakukan peningkatan. Jembatannya sudah lapuk, dan tidak layak lagi untuk dilewati.

"Jembatan ini sangat tidak layak. Kami sudah menyampaikan usulan masyarakat melalui pokok-pokok pikiran DPRD. Insyaallah sudah akan dikerjakan dalam waktu dekat ini," jelasnya.

Sementara, Dandim 1407 Bone Letkol Inf Moch Risqi Hidayat Djohar menuturkan, pelaksanaan karya bakti sudah akan dilaksanakan tahun 2022 ini. Tujuannya untuk membuka akses jalan kepada masyarakat.

"Karya bakti ini untuk membuka jalur yang lebih bagus kepada masyarakat biar tidak perlu lagi jauh-jauh ke Barru dan Soppeng. Ini sudah bisa langsung tembus ke ibukota Kecamatan Tellulimpoe (Desa Gaya Baru).

Sekadar diketahui Desa Tapong merupakan desa yang terletak di ujung Bone Barat. Pada 13 Juni lalu desa ini viral gegara anak SD bernama Yudding (12) membawa parang ke sekolah bersama adiknya.

Semenjak viral, Yudding banyak mendapat bantuan dari semua kalangan. Bahkan Pemkab Bone juga sudah akan membangun kelas jauh di desa tersebut.



Simak Video "Perbaikan Jalan Tol Cipularang Dikebut Jelang Musim Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)