DED Rampung, Pemkot Makassar Usul Dana Jembatan Barombong Rp 350 M ke Pusat

Ibnu Munsir - detikSulsel
Selasa, 02 Agu 2022 09:59 WIB
Polisi bekerja sama petugas dinas survei titik kemacetan di Jembatan Barombong Makassar
Foto: Polisi bekerja sama petugas dinas survei titik kemacetan di Jembatan Barombong Makassar. (Darmawanti/detikSulsel)
Makassar -

Pemkot Makassar bakal kembali mengusulkan bantuan dana untuk pembangunan Jembatan Barombong Makassar senilai Rp 350 miliar ke Pemerintah Pusat. Usulan ini akan diajukan jika detail engineering design (DED) Jembatan Barombong sudah rampung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar Zuhaelsi Zubir menuturkan, DED itu nantinya akan jadi bagian yang dilampirkan dalam proposal bantuan anggaran pembangunan Jembatan Barombong.

"Kita masukkan dalam lampiran itu nanti untuk pengajuan proposal," tutur Zuhaelsi saat dihubungi detikSulsel, Senin malam (1/8/2022).


Zuhaelsi menuturkan, kebutuhan anggaran pembangunan Jembatan Barombong mencapai Rp 350 miliar. Ketika DED selesai tahun ini, anggaran konstruksinya yang diharap dari Pusat bisa segera didapatkan tahun depan.

"Itu hari Bappeda usulkan Rp 350 miliar. Pokoknya tahun ini selesai (DED). Pokoknya akan masuk perencanaannya tahun ini. Nanti kan diusulkan (anggaran pembangunannya), kita menunggu (dari Pusat)," urai dia.

Diketahui DED Jembatan Barombong Makassar sementara proses tender oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Makassar, pagu anggarannya mencapai Rp 500 juta yang bersumber dari APBD 2022.

"Sementara proses perencanaan desainnya, DED-nya toh. Sudah masuk (di LPSE). DED-nya itu Rp 500 juta," imbuhnya.

Sementara Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku usulan proposal bantuan anggaran pembangunan Jembatan Barombong sudah diusulkan sejak tahun lalu. Usulan itu bahkan ditembuskan lewat Pemprov Sulsel.

"Sudah, lewat provinsi juga kita sudah sampaikan. Dari tahun lalu, pada saat saya dilantik (jadi wali kota di periode kedua). Itu dulu saya ajukan surat (proposal bantuan anggaran proyek Jembatan Barombong)," tutur Danny.

Menurutnya pembangunan Jembatan Barombong sudah mendesak dilakukan. Selain pelebaran, opsi pembangunan tambahan jembatan di kawasan itu bisa jadi alternatif.

"Proposal bantuan permintaan jembatan yang lain, alternatif. Anggarannya Rp 350 miliar," pungkasnya.



Simak Video "Polisi Selidiki Penyebab Putusnya Jembatan Gantung di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)