10 Pasangan di Makassar Terjaring Razia Prostitusi, 1 Wanita Diduga PSK

Ibnu Munsir - detikSulsel
Senin, 01 Agu 2022 17:46 WIB
Internet search bar with phrase prostitution
Foto: Ilustrasi kasus prostitusi. iStock
Makassar -

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggerebek 10 pasangan bukan suami istri dalam razia prostitusi di hotel melati Makassar. Satu perempuan diduga merupakan pekerja seks komersial (PSK).

Mereka diamankan di tiga tempat penginapan yang diduga sempat mesum di kawasan Kecamatan Panakkukang, Minggu dini hari (31/7/2022). Patroli ini melibatkan petugas Satpol PP Makassar.

"Ada 10 pasangan plus 1 kita amankan dan mereka bukan pasangan suami isteri," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Makassar Andi Eldi Malka kepada detikSulsel, Senin (1/8).


Dia menjelaskan, dari total 10 pria dan 11 wanita yang dirazia, ada di antaranya 2 pria dan seorang perempuan didapati dalam satu kamar. Eldi tidak merinci usianya, namun disebut bukan anak di bawah.

"Jadi 10 plus 1. (Artinya) kalau umpama ada plus 1, biasa ada 2 laki laki dalam kamar dan 1 perempuan," tuturnya.

Eldi melanjutkan, dari 3 orang yang dirazia dalam satu kamar tersebut, seorang wanita terindikasi pekerja seks komersial. Wanita tersebut dibawa ke Pusat Pelayanan Sosial Karya Wanita (PPSKW) Mattirodeceng untuk direhabilitasi.

"Kita bawa ke Mattirodeceng. Perempuannya ji yang dibawa, karena indikasi ada dia bekerja (sebagai PSK). Bukan lagi indikasi, memang dia bekerja," ujar Eldi.

Sementara 11 orang lainnya dibawa ke kantor Dinsos Makassar untuk diasesmen. Orang tua mereka akan dipanggil untuk pembinaan lebih lanjut.

"Kalau kita lihat dia dalam kondisi pacaran, kita pembinaan terhadap keluarga. Jadi orang tua yang dipanggil untuk dijemput anaknya," tandasnya.

Razia ini terus digelar Dinsos Kota Makassar bersama tim gabungan yang melibatkan Satpol PP. Razia juga dilakukan sesuai dengan laporan masyarakat.

"Ini berlanjut terus kita gelar. Kita tidak bisa sampaikan kapan waktunya, karena ini berdasarkan laporan masyarakat juga," jelas Eldi.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Makassar Ikhsan NS mengatakan, timnya turun mem-back up dalam razia prostitusi tersebut. Pihaknya menunggu Dinsos Makassar jika diminta membantu untuk turun kembali.

"Karena ada petugas BKO memang kita di sana, diperbantukan petugas kita," ucap Ikhsan.



Simak Video "4 PSK Diamankan Saat Razia Hotel-Kos di Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)