Kemendagri Dorong Aktivasi KTP Digital di Sulsel Dimulai dari ASN

Agung Pramono - detikSulsel
Kamis, 28 Jul 2022 22:46 WIB
KTP digital bakal digencarkan pemerintah untuk mengantisipasi hilangnya dokumen penting. Bagaimana sederet informasi terbarunya?
Foto: Kemendagri dorong penerapan aktivasi KTP digital. (Andhika Prasetia/detikcom)
Bone -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mendorong aktivasi KTP digital di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Penerapannya dilakukan secara bertahap.

"Besok saya bersama provinsi akan me-launching pendataan disabilitas sekaligus mendorong untuk mulai menerapkan secara bertahap," ucap Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrullah saat kunjungan kerja di Kabupaten Bone, Sulsel, Kamis (28/7/2022).

Zudan menambahkan, penerapan KTP digital akan menyasar aparatur sipil negara (ASN) di tiap instansi pemerintah daerah, khususnya pegawai dinas dukcapil. Kepala daerah juga diminta melakukan aktivasi KTP digital ini.


"Tahap pertama pegawai capil, kepala daerah, DPRD, dan ASN," paparnya.

Pasalnya ASN sebagai petugas pelayan publik ke depan harus jadi agenda yang menyukseskan penerapan KTP digital ke depan. Digitalisasi KTP ini akan memudahkan mengakses data diri lewat smartphone.

"Kalau KTP digital sudah ada di HP masing-masing. Hanya mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore. Sepanjang bawa HP sisa menunjukkan saja, karena ada QR Code-nya," sebut Zudan.

Zudan menambahkan, di dalam aplikasi juga terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, NPWP, data ASN, terintegrasi juga dengan DPT.

"Semua kabupaten sudah bisa. Namun kita bertahap dulu," jelasnya.

Dalam kesempatannya, Zudan juga menyatakan kebanggaannya akan pengurus Korpri Kabupaten Bone. Menurutnya Korpri Bone menjadi Korpri terbaik se-Indonesia pada tahun 2021.

"Korpri Bone aktif dan hidup sekali. Termonitor dari medsos, baksos banyak sekali. Sifat gotong-royongnya tumbuh, Korpri Bone ini menjadi panutan Korpri seluruh Indonesia," imbuh Zudan yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional.

"Namun yang paling membuat saya mau datang ke sini Korpri Bone memuliakan ASN dari hidup sampai meninggal. Saya ke sini untuk membawa cerita ke semua daerah, karena mandiri, membangun sekretariat, kompak, ada koperasinya," sambung Zudan.

Sementara Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengapresiasi Dirjen Dukcapil Kemendagri yang telah memilih Kabupaten Bone sebagai salah satu wilayah kunjungan kerjanya di Sulsel.

"Terima kasih atas waktu dan kunjungan ke Kabupaten Bone. Dari 24 kabupaten kota di Sulsel, Bone ini penduduk terbanyak kedua setelah Kota Makassar. Terbanyak kecamatan dan desa di Sulawesi Selatan," tandasnya.



Simak Video "4 PSK Diamankan Saat Razia Hotel-Kos di Sulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)