Sulawesi Tenggara

Kawanan Hiu Tutul Muncul di Perairan Baubau

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 27 Jul 2022 15:17 WIB
Penampakan hiu tutul yang muncul di Perairan Kadolomoko, Baubau, Sultra.
Foto: Penampakan hiu tutul yang muncul di Perairan Kadolomoko, Baubau, Sultra. (Dok. Istimewa/Tangkapan Layar Video)
Baubau -

Kawanan hiu tutul muncul di perairan Kadolomoko Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Tak hanya hiu tutul, seekor lumba-lumba juga terlihat di sekitar kawanan hiu tutul.

Dalam video viral di media sosial yang dilihat detikcom, kawanan hiu tersebut muncul berenang di perairan Kadolomoko. Kemunculannya pun diabadikan warga lewat foto dan rekaman video.

Informasi yang dihimpun, kawanan hiu tutul muncul sekitar pukul 13.30 Wita, Selasa (26/7). Jumlahnya mencapai 5 ekor, ditambah dengan seekor lumba-lumba.


"Iya memang kemarin itu hiu tutul muncul di Kadolomoko sekitar pukul 13.30 Wita sampai sore," kata warga sekitar Depon Islak (25) dihubungi detikcom, Rabu (27/7/2022).

Depon mengatakan kemunculan hiu tutul tersebut menjadi tontonan warga sekitar dan pengendara yang lewat. Warga pun heboh menyaksikan kemunculan hiu terbesar itu.

"Banyak orang kemarin yang lihat itu hiu-hiu tutul sama lumba-lumba. Yang saya perhatikan kemarin itu hiunya ada tiga ekor dan satu lumba-lumba di sampingnya," ujar dia.

Terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata Limbo Wantiro Ilman Jaya Mahuri membenarkan kemunculan hiu tutul tersebut. Bahkan Ilman menyaksikan langsung dari dekat menggunakan kapal.

"Saya juga dapat info dari warga bahwa ada hiu tutul muncul, makanya saya cek langsung pakai kapal," beber dia.

Ilman mengaku melihat sebanyak 5 ekor hiu tutul tengah bermain di kawasan perairan Kodolomoko.

"Yang saya lihat itu sekitar lima ekor hiu tutul. Saya juga sempat video kan munculnya hiu tutul," ujar Ilman.

Menurutnya, kemunculan hiu tutul di perairan tersebut bukan kali pertama karena diakui sudah pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Namun baru kali ini kemunculannya bersama kawanan lain.

"Biasa itu memang muncul dari Juli sampai September hanya satu ekor tapi ini munculnya banyak," ungkapnya.



Simak Video "Penampakan Dua Hiu Tutul Mati di Pantai Wonocaki Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)