4 Jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Jalan Kaki-Trampolin

Tim detikHealth - detikSulsel
Selasa, 19 Jul 2022 14:24 WIB
ilustrasi jalan kaki
Ilustrasi jalan kaki. Foto: thinkstock
Makassar -

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Termasuk dengan berolahraga agar tubuh tetap aktif.

Dilansir detikHealth dari Selecthealth, Selasa (19/7/2022), olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun sistem imunitas tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan mendapatkan energi untuk melawan jutaan kuman yang mengelilingi setiap saat.

Olahraga dengan intensitas apapun tetap akan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menyesuaikan intensitasnya, baik sedang maupun tinggi.


Seperti diketahui, semua olahraga efektif dalam jumlah sedang. Maka dari itu, Anda bisa memulainya dengan perlahan lalu ditingkatkan ke intensitas olahraga yang lebih menantang.

Berikut ini 4 jenis olahraga yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

1. Jalan Kaki

Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan yakni dengan berjalan kaki. Dengan imunitas yang cukup, imunitas tubuh bisa terjaga dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebuah studi melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu. Hasilnya mereka yang berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit sehari memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Maka dari itu, jadwalkan jalan cepat minimal lima kali dalam sepekan selama minimal 30 menit untuk benar-benar menuai manfaat jalan kaki.

2. Strength Training

Strength training atau latihan kekuatan seperti angkat beban bukan hanya sekadar cara untuk menguatkan lengan. Angkat besi dan latihan kekuatan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk mengurangi stres.

Dengan melakukan latihan kekuatan ini, juga akan memberikan tambahan efek yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh.

3. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan imun tubuh. Termasuk olahraga yang membuat jantung Anda terpompa.

Hanya saja, HIIT disarankan hanya dilakukan beberapa kali dalam sepekan. Sebab jika dilakukan secara berlebihan justru bisa menjadi bumerang. Moderasi atau pengaturan intensitas agar tidak berlebihan adalah kunci dalam hal olahraga apa pun.

4. Trampolin

Trampolin tergolong olahraga yang low impact alias lebih ramah di lutut. Intensitasnya tidak kalah dahsyat dalam membakar kalori dan mendetoksifikasi tubuh.

Dengan melompat-lompat di atas trampolin, maka detak jantung akan meningkat. Olahraga ini baik dilakukan secara teratur dikombinasikan dengan diet sehat buah-buahan dan sayuran segar, suplemen vitamin C, dan tidur yang cukup, sehingga membantu meningkatkan sistem imun.

Selain itu, latihan ini dapat meningkatkan suasana hati dengan melepaskan endorfin untuk mencerahkan hari-hari Anda.

Dalam rangka launching detikSulsel di Kota Makassar pada 31 Juli 2022, detikcom akan mengadakan acara Jalan Sehat di Lapangan Parkit TSM Makassar. Akan ada hadiah menarik mulai dari umroh, sepeda motor, dan 100 hadiah lainnya.

Nantinya, acara ini akan dimeriahkan dengan penampilan band Armada dan dipandu oleh komika asal Makassar Arif Brata yang akan menghibur olahraga Anda supaya tetap sehat. Yuk daftar segera di detik.com/jalansehatsulsel !



Simak Video "Jokowi Sebut Papua Sebagai Provinsi Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hmw)