Cara Membuat Kartu Keluarga Secara Online, Berikut Alur Lengkapnya

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Selasa, 28 Jun 2022 22:40 WIB
Syarat membuat Kartu Keluarga penting diketahui bagi kamu yang hendak menambah atau mengurangi jumlah anggota keluarga.
Foto: Pradita Utama/detikcom
Makassar -

Cara membuat Kartu Keluarga (KK) di Makassar harus mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan. Cara membuat kartu keluarga baik membuat baru, berpindah, maupun mengubah data saat ini dapat dilakukan secara online.

Kartu Keluarga merupakan dokumen resmi kependudukan yang umumnya memuat informasi terkait data susunan keluarga, status hubungan, serta jumlah anggota keluarga. Alasan perubahan data Kartu Keluarga biasanya berbeda-beda, ada yang berubah alamat, berpindah domisili, hingga perubahan jumlah dan susunan anggota keluarga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Muh Hatim menjelaskan saat ini tidak ada lagi layanan dalam cara membuat Kartu Keluarga. Untuk membuat Kartu Keluarga di Makassar dilakukan dengan melakukan registrasi melalui laman dukcapil.makassar.go.id.


"Kebetulan kami ini cuma menerima layanan online, jadi tidak ada lagi layanan manual di kita, online semua," kata Muh Hatim kepada detikSulsel, Selasa (28/6/2022).

Hatim juga menjelaskan, proses cara membuat Kartu Keluarga membutuhkan waktu tiga hari, sama seperti pengurusan KTP. Namun, jika terdapat kendala tertentu, proses pembuatan Kartu Keluarga bisa berlangsung lebih lama.

"Semua dokumen kita SOP-nya tiga hari, jika memang tidak ada masalah. Maksudnya ada memang kondisi itu yang harus diperhatikan karena ruwet-ki, kompleks-ki masalahnya," ujar Hatim.

Lebih lanjut, Hatim juga menjelaskan dokumen yang diperlukan dalam cara membuat Kartu Keluarga berbeda-beda berdasarkan permasalahannya. Perubahan data dapat dilakukan secara online dengan mengunggah berkas yang dipersyaratkan.

Berikut persyaratan dan prosedur lengkap dalam cara membuat Kartu Keluarga:

Cara Membuat Kartu Keluarga Online

- Melakukan pendaftaran pada laman dukcapil.makassar.go.id
- Akses menu layanan, lalu pilih layanan online
- Klik tombol menu lalu pilih jenis layanan yang diinginkan
- Lengkapi data dan unggah dokumen yang telah disiapkan
- Tunggu proses verifikasi dalam 3x24 jam
- Setelah melakukan proses registrasi online, masyarakat hanya perlu menunggu panggilan untuk mengambil soft file dan cetakan Kartu Keluarga baru.

Cara Membuat Kartu Keluarga bagi Pasangan Baru Menikah

Cara membuat kartu keluarga bagi pasangan yang baru menikah proses pendaftarannya cukup mudah. Registrasi dapat dilakukan secara online dengan mengunggah beberapa dokumen.

"Cukup mengunggah KK lama. KK lama dari suami dan KK lama dari istri, dan menunjukkan buku nikah, dan alamat yang menjadi tempat tinggalnya," jelas Hatim.