Cara Membuat SKCK Terbaru, Berikut Syarat dan Ketentuan Lengkapnya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Selasa, 28 Jun 2022 18:35 WIB
Ilustrasi antrean warga untuk membuat SKCK
Foto: Pradita Utama
Makassar -

Cara membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) membutuhkan sejumlah berkas persyaratan serta identifikasi sidik jari. Pengurusan SKCK dapat dilakukan di setiap jenjang organisasi kepolisian mulai Polsek, Polres, dan Polda.

Meski begitu terdapat sejumlah ketentuan dalam penerbitan SKCK di setiap tingkatan organisasi kepolisian. Cara membuat SKCK disesuaikan dengan keperluan dan status pemohon.

SKCK merupakan surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh kepolisian melalui fungsi Intelkam untuk menerangkan tentang ada atau tidak catatan pemohon dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.


Masa berlaku SKCK hingga 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Kaur Yanmin Satuan Intelkam Polrestabes Makassar, Iptu Hasan Loan mengatakan cara membuat SKCK tidak memakan waktu lama di loket pelayanan SKCK. Warga hanya menunggu satu hari kerja jika berkas persyaratan telah lengkap.

"SOP-nya satu hari kerja. Kalau berkasnya sudah kami terima dan dinyatakan lengkap, hari itu juga diterbitkan oleh petugas SKCK," ungkapnya kepada detikSulsel, Selasa (28/6/2022).

Cara membuat SKCK membutuhkan sejumlah berkas persyaratan dengan ketentuan yang harus dibawa ketika melakukan pengajuan. Selain itu, terdapat ketentuan penerbitan SKCK di setiap jenjang organisasi Kepolisian.

Berikut berkas persyaratan serta ketentuan cara membuat SKCK di setiap jenjang organisasi Kepolisian:

1. Cara Membuat SKCK Terbitan Polsek

Penerbitan SKCK Polsek diajukan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) sesuai dengan wilayah kecamatan pada berkas identitas. Jenis keperluan yang dapat menggunakan SKCK terbitan Polsek meliputi melamar pekerjaan swasta, pencalonan kepala desa, melanjutkan pendidikan tingkat kecamatan, dan keperluan lain di tingkat kecamatan.

Berikut berkas yang wajib dilampirkan dalam cara membuat SKCK di Polsek:

- Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli
- Fotokopi akte lahir (surat kenal lahir, ijazah, surat nikah, kartu keluarga).
- Dokumen Sidik Jari
- Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
- Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, foto berpakaian sopan dan berkerah, Foto tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.