Calon Jemaah Haji Termuda di Bone Usia 24 Tahun, Gantikan Ayah yang Wafat

Agung Pramono - detikSulsel
Minggu, 19 Jun 2022 18:00 WIB
Rudy Asriadi (24), menjadi calon jemaah haji termuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pemberangkatan embarkasi Makassar tahun ini
Foto: Rudy Asriadi (24), calon jemaah haji termuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). (dok. istimewa)
Bone -

Rudy Asriadi (24), menjadi calon jemaah haji termuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pemberangkatan embarkasi Makassar tahun ini. Rudy menggantikan orang tuanya yang meninggal dunia pada 2019 lalu.

"Ada satu jemaah termuda masih berusia 24 tahun. Dia menggantikan bapaknya yang meninggal atas nama Muhammad Askhar," kata Kepala Kemenag Bone Wahyuddin Hakim kepada detikSulsel, Minggu (19/6/2022).

Wahyuddin menjelaskan Rudy menggantikan ayahnya berangkat ke Tanah Suci setelah melakukan pelimpahan porsi. Seperti melampirkan akta kematian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, setoran awal, dan setoran lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) jemaah haji meninggal.


Selain itu, Rudy juga disebut telah melampirkan surat keterangan tanggung jawab mutlak yang ditandatangani oleh calon jemaah haji penerima pelimpahan.

"Melampirkan juga surat kuasa penunjukan pelimpahan nomor porsi yang ditandatangani oleh ahli waris dan diketahui oleh RT, RW, Lurah atau Kepala Desa, dan Camat," jelasnya.

Sementara itu, Rudy Asriadi mengaku sudah mengurus pelimpahan porsi itu sejak 2020. Petugas Kemenag Bone menyarankannya untuk mengurus berkas pelimpahan porsi sampai tahap pelunasan.

"Kalau pengurusan sebenarnya tidak terlalu sulit, Kemenag yang mengarahkan saja dan tinggal membawa saksi dari keluarga. Ibu saya menjadi saksi dan membuat surat pernyataan," ucapnya.

Rudy saat ini masih berstatus mahasiswa di Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas). Orang tuanya Muhamad Askhar diketahui sudah mendaftar sejak tahun 2009.

"Ke Makkah untuk mendoakan orang tua yang meninggal, dan berusaha menjadi anak yang berbakti untuk orang tua. Semoga jemaah yang menunggu bisa naik semua tanpa kendala," harapnya.

Untuk diketahui, calon jemaah haji Bone tergabung dalam kelompok terbang (kloter) lll embarkasi Makassar berjumlah 344 orang bersama pendamping dilepas di Masjid Agung Al Ma'Arif Sabtu (18/6) kemarin. Mereka akan diberangkatkan langsung ke Makkah pada pukul 21.00 Wita Minggu (19/6).



Simak Video "Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Tasikmalaya"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)