Calo di Pelabuhan Bajoe

Polisi Koordinasi ASDP Sikapi Marak Calo di Pelabuhan Bajoe

Agung Pramono - detikSulsel
Sabtu, 28 Mei 2022 19:36 WIB
Praktik calo di Pelabuhan Bajoe, Bone banyak ditemukan (detikSulsel/Agung Pramono).
Foto: Praktik calo di Pelabuhan Bajoe, Bone banyak ditemukan (detikSulsel/Agung Pramono).
Bone -

Polisi bakal berkoordinasi dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) terkait maraknya praktik calo di Pelabuhan Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polisi berdalih tak dapat langsung bertindak karena pelabuhan bagian dari otoritas ASDP.

"Kita akan segera koordinasi dengan pihak ASDP, karena di pelabuhan itu punya otoritas tersendiri," kata Kapolres Bone AKBP Ardiansyah kepada detikSulsel Sabtu (28/5/2022).

"Kami juga polisi tidak bisa terlalu jauh, karena ASDP yang punya kewenangan penuh. Pastinya koordinasi dulu," tambahnya.


Sementara itu, kepolisian setempat di wilayah pelabuhan mengklaim pihaknya sudah pernah melakukan operasi di Pelabuhan Bajoe pada Desember lalu jelang tahun baru. Hal serupa juga dilakukan sebelum lebaran 2022.

"Operasi calo sudah sering dilakukan, tahun 2021 sebelum tahun baru dilakukan operasi. Ada juga operasi sebelum lebaran. Namun tidak ada korban yang melaporkan kejadian itu apakah pemerasan," ungkap Kapolsek Pelabuhan Bajoe AKP Djamaluddin saat dimintai konfirmasi terpisah.

Djamaluddin juga mengaku pihaknya pernah mengamankan sejumlah calo. Namun beberapa dari mereka justru sengaja dipanggil penumpang.

"Kalau ada mau ke Kendari calonya yang dihubungi sama penumpang. Mereka para penumpang biasanya tidak mau terlalu ribet urus barang dan tiket makanya semua itu (calo) yang uruskan," ucapnya.

Saat ini pihak Polsek Pelabuhan Bajoe hanya melakukan pengamanan di dalam pelabuhan. Namun penindakan calo tak masif dengan dalih korban nihil.

"Kita mau bertindak tidak ada yang dirugikan, tidak ada korban. Punya langganan semua, dan ditelefon duluan. Ketika sudah sampai di Bajoe itumi yang uruskanki semua, dan pastilah dibayar jasanya," sambung Djamaluddin.



Simak Video "Serawi Sulo, Tradisi Unik dan Ekstrem Warga Bone, Sulawesi Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)