Sulawesi Tenggara

Pj Bupati Tak Sesuai Usulan Gubernur Sultra, Warga Busel Gelar Demo

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 25 Mei 2022 22:05 WIB
Warga Buton Selatan demo terkait penunjukan Pj Bupati yang tidak sesuai usulan Gubernur
Warga Buton Selatan demo terkait penunjukan Pj Bupati yang tidak sesuai usulan Gubernur (Istimewa)
Buton Selatan -

Warga di Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar aksi demo di Kantor Bupati setempat. Aksi ini dipicu kekecewaan warga karena Kemendagri tidak memilih penjabat (Pj) Bupati Busel sesuai usulan Gubernur Sultra.

"Warga demo menolak Pj Bupati Busel usulan Kemendagri. Padahal Gubernur sudah mengusulkan nama tapi ditolak," kata Sekjen Barisan Orator Masyarakat Kepulauan Buton (BOM-Kepton) La Ode Tazrufin kepada detikcom, Rabu (25/5/2022).

Menurut Tazrufin, Kemendagri yang menunjuk La Ode Budiman menjadi Pj Bupati Busel dinilai tidak sesuai dengan harapan masyarakat Busel. Salah satu dasar penolakannya karena La Ode Budiman merupakan kerabat dekat bupati sebelumnya, La Ode Arusani.


"Usulan Gubernur malah tidak dipertimbangkan Kemendagri, malah menunjuk Sekda Busel (La Ode Budiman) yang merupakan ipar dari mantan Bupati Busel (La Ode Arusani)," ujarnya.

Lebih lanjut Tazrufin, pihaknya menyebut rekam jejak La Ode Budiman selama menjabat Sekda Busel juga banyak menimbulkan permasalahan. Juga kebijakan La Ode Arusani semasa menjabat tidak pro terhadap rakyat.

"Kita menganggap ini La Ode Budiman ya sama saja La Ode Arusani, bakal dikontrol kebijakannya (jika jadi Pj). Masyarakat juga tidak suka karena La Ode Arusani tidak pro dengan masyarakat," uajrnya.

Ia juga menilai La Ode Arusani kerap kali mengobok-obok jabatan di tubuh ASN lingkungan Pemda Busel.

Sementara itu, Gerakan Masyarakat (Gema) Buton Selatan juga menilai Pj yang diusulkan oleh Kemendagri dinilai tidak pantas untuk masyarakat. Pihaknya juga ikut menyoroti terkait rekam jejak pemilihan La Ode Budiman dalam seleksi Sekda Busel tempo hari.

"Masalahnya saat seleksi sekda, dia (La Ode Budiman) sudah cacat secara prosedural. Sesuai aturan dia untuk menjadi calon tidak memenuhi syarat," ujar Ketua Gema Busel La Ode Muhammad Aliyamin.

Aliyamin mengungkapkan warga secara tegas menginginkan Pj Bupati Busel hasil usulan Gubernur Sultra. Pihaknya juga tetap optimis, Gubernur akan memperjuangkan usulannya di Kemendagri.

"Kita maunya usulan Gubernur yang menjadi Pj. Gubernur masih sementara mendiskusikan bersama Kemendagri. Gubernur masih berusaha komitmen dengan rekomendasinya," ujar dia.



Simak Video "Buruh Demo di DPRD Sumut Desak UU Cipta Kerja Dicabut!"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)