Sulawesi Tenggara

Tunda Lantik 2 Pj Bupati, Gubernur Sultra Menghadap ke Kemendagri

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Selasa, 24 Mei 2022 15:59 WIB
Gubernur Sultra Ali Mazi. (Nadhir/detikcom)
Foto: Gubernur Sultra Ali Mazi. (Nadhir/detikcom)
Kendari -

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadap ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penundaan pelantikan pejabat (Pj) bupati Muna Barat dan Buton Selatan. Ali meminta konsultasi terkait 2 Pj bupati usulannya yang tidak sesuai dengan pilihan Kemendagri.

"Nanti setelah itu bagaimana tindak lanjutnya setelah ada fatwa (hasil konsultasi) dari Kemendagri baru bapak Gubernur ambil tindakan seperti apa," ungkapnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra Ridwan Badala kepada detikcom, Selasa (24/5/2022).

Ridwan menegaskan pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan bukan penolakan Gubernur Ali Mazi, namun menunda.


"Sekali lagi kami sampaikan, Bapak Gubernur Ali Mazi menunda pelantikan. Karena ingin mempertanyakan ke Jakarta (alasan usulan tidak diterima)," ungkapnya.

Seperti diketahui, beredar informasi bahwa Gubernur Sultra dipanggil Kemendagri. Pemanggilan tersebut terkait penundaan pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan.

Lebih lanjut, Ridwan menegaskan, Ali tidak dipanggil menghadap ke Kemendagri terkait penundaan pelantikan 2 Pj Bupati, melainkan terbang ke Jakarta untuk konsultasi.

"Tidak ada di panggil-panggil. Ini (konsultasi) inisiatif bapak Gubernur, karena rumah kita (Pemprov) di Kemendagri," ujarnya.

Selain itu, Ali ke Jakarta karena memiliki agenda dengan Presiden RI Joko Widodo bersama kepala daerah lainnya. Sehingga, keberangkatan ke Jakarta bukan dalam rangka pemanggilan Kemendagri.

"Pak Gubernur dipanggil Presiden dalam rangka kegiatan dengan beberapa Gubernur di Jakarta. Bukan pemanggilan Kemendagri, tidak ada pemanggilan Gubernur (di Kemendagri)," ungkap dia.

Ridwan mengungkapkan karena Gubernur Ali Mazi memiliki agenda di Jakarta, maka sekalian Gubernur akan konsultasi ke Kemendagri terkait persoalan penundaan pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan.

"Mungkin agendanya setelah kegiatan bersama Presiden, pak Gubernur akan silaturahmi ke Kemendagri," ujarnya.

Kunjungan ke Kemendagri pula merupakan inisiatif dari Gubernur Ali Mazi. Sebab, menurut Ridwan, sudah semestinya ketika ada persoalan di daerah maka pengaduannya harus di Kemendagri sebagai tempat bernaungnya pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah dengan pusat tidak boleh ada miskomunikasi, sehingga pak Gubernur reaktif kesana. Pak Gubernur tahu ketika ada masalah seperti ini ya harus kesana," ungkapnya.



Simak Video "Menikmati Panorama Alam nan Indah Puncak Khayangan Wakatobi"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)