Tunda Pelantikan 2 Pj Bupati, Gubernur Sultra: Kita Koordinasi Kemendagri

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Senin, 23 Mei 2022 19:52 WIB
Gubernur Sultra Ali Mazi. (Nadhir/detikcom)
Foto: Gubernur Sultra Ali Mazi. (Nadhir/detikcom)
Kendari -

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi buka suara terkait penundaan pelantikan pejabat (Pj) bupati Muna Barat dan Buton Selatan yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kemendagri karena 2 Pj Bupati pilihan Kemendagri tidak sesuai dengan yang diusulkan sebelumnya.

"Kita koordinasi dulu dengan kementerian (Kemendagri), mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada (Pj Bupati)," kata Ali Mazi kepada wartawan usai melantik Pj Bupati Buton Tengah dan Wali Kota Baubau definitif di Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (23/5/2022).

Namun Ali Mazi tidak mengungkapkan lebih lanjut soal sosok Pj Bupati Muna Barat dan Buton Tengah yang diinginkan oleh pihaknya, sehingga menunda pelantikan pilihan Kemendagri.


"Ya kita lihat saja nanti," ujarnya.

Saat dikonfirmasi terkait kapan Pj Bupati 2 kabupaten tersebut dilantik, Ali menjawab jika pelantikan Pj kepala daerah tidak terpaut waktu, kapan saja boleh dilaksanakan.

"Ya kan sebetulnya pelantikan itu tidak ada waktu, kapan saja. Karena mereka (Pj 2 kabupaten) persiapan jahit baju dulu, kan SK-nya (Surat Keputusan Kemendagri) baru turun hari Minggu (22/5)," ujarnya.

Namun Ali memastikan koordinasi dengan Kemendagri tidak membutuhkan waktu yang lama.

"Saya kira dalam waktu dekat, enggak lama-lama, cepat kok. Mereka (Pj yang diusul Kemendagri) kan belum ada baju putih-putihnya, harus jahit dulu," ungkapnya.

Ia menegaskan tidak pernah melakukan penolakan untuk melantik 2 Pj yang dipilih oleh Kemendagri. Ali memastikan hanya melakukan penundaan pelantikan terkait orang yang dipilih.

"Mana ada kita tolak melantik. Belum di lantik, tidak ada yang menolak (melantik Pj Muna Barat dan Buton Selatan)," tegas dia.

Ali pun memastikan jika tidak akan ada kekosongan di kursi pimpinan 2 kabupaten tersebut. Pemprov Sultra telah menyiapkan Pelakasana Harian (Plh) masing-masing dari Sekretaris Daerah (Sekda) sambil menunggu Pj baru dilantik.

"Nanti kita perpanjang setiap satu Minggu (Sekda)," ujar dia.

Sebelumnya, 2 Penjabat (Pj) Bupati di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Pj Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Buton Selatan batal dilantik oleh Gubernur Ali Mazi. Penyebabnya, 2 Pj bupati yang dipilih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tak sesuai dengan usulan Ali Mazi.

Penundaan pelantikan 2 Pj bupati di Sultra dilakukan karena Ali Mazi masih meminta penjelasan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait tidak dipilihnya 2 nama yang diajukan.



Simak Video "Heboh Anggota DPRD Konawe Rapat di Tempat Dugem"
[Gambas:Video 20detik]
(nvl/nvl)