Sulawesi Barat

710 Narapidana di Sulbar Diusulkan Terima Remisi Lebaran

Abdy Febriady - detikSulsel
Kamis, 28 Apr 2022 01:01 WIB
Rutan Mamuju turut terdampak gempa magnitudo (M) 6,2 yang mengguncang Sulbar (Hermawan/detikcom).
Foto: Rutan Mamuju, Sulbar. (Hermawan/detikcom).
Mamuju -

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Barat (Sulbar) mengusulkan 710 narapidana menerima remisi atau pengurangan masa hukuman. Narapidana tersebut pada tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Sulbar.

"Warga binaan yang diusulkan memperoleh remisi agar bisa dijadikan motivasi dan semangat menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab," ujar Kakanwil Kemenkumham Sulbar Faisol Ali saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/4/2022).

Faisol mengatakan, pemberian remisi merupakan wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri. Hal tersebut dilihat dari sikap dan perilaku sehari-hari para narapidana.


Dia menjelaskan, pemberian remisi ini dilakukan untuk memenuhi hak-hak warga binaan di seluruh lapas dan rutan. Selama yang bersangkutan memenuhi tanggung jawab selama menjalani pidana, maka bisa diusulkan menerima remisi.

"Semoga 710 orang narapidana ini dapat menjadikan remisi sebagai acuan dalam memperbaiki diri melalui hasil pembinaan para petugas di lapas dan rutan," pungkas Faisol.

Adapun data remisi pada Kantor Wilayah Kemenkumham yakni Lapas Kelas IIB Polewali 346 orang, Rutan Kelas IIB Mamuju 89 orang, Rutan Kelas IIB Majene 58 orang, Rutan Kelas IIB Pasangkayu 142 orang, Lapas Kelas III Mamasa 28 orang, LPKA Kelas II Mamuju 10 orang, dan LPP Kelas III Mamuju 37 orang.



Simak Video "Kementerian Hukum dan HAM Lawan Pandemi dengan Inovasi"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/tau)