Kalimantan Barat

Operasi Pasar di Pontianak, Warga Antre Minyak Goreng Berjam-jam Tak Dilayani

Adi Saputro - detikSulsel
Kamis, 17 Mar 2022 22:30 WIB
Warga mengantre minyak murah di Pontianak, Kalbar.
Foto: Warga mengantre minyak murah di Pontianak, Kalbar. (Adi Saputro/detikcom)
Pontianak -

Operasi pasar menjual minyak goreng murah di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dikeluhkan warga. Sejumlah warga sudah antre sejak pagi hari, namun hanya yang memiliki kupon dapat membeli.

"Tadi ke sini, katanya hanya cukup bawa fotocopy KTP, tapi setelah antre malah yang dilayani hanya yang memiliki kupon," ujar Nety, Kamis (17/3/2022).

Minyak goreng murah itu dihadirkan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Pontianak di halaman Kantor Kecamatan Pontianak Utara sejak Senin (14/3) lalu. Minyak goreng curah dijual hanya dengan harga Rp 11.500 per liter. Setiap orang dijatah 5 liter.


"Kecewa saya, dan lebih baik saya pulang saja," ujar Nety yang sudah mulai mengantre sejak pagi hingga siang hari.

Hal yang sama juga dirasakan Syukur, warga setempat yang kesulitan membeli minyak goreng curah seharga Rp 11.500 per liter dalam operasi pasar itu. Dia mengeluhkan sistem pembelian yang mewajibkan memiliki kupon.

"Tidak adil ini, kami warga di sini malah kesusahan membeli minyak goreng curah, karena tak memilik kupon," cetusnya.

"Seharusnya biar pun harga mahal, minyak goreng itu selalu ada di warung-warung atau swalayan. Jadi tak perlu juga berpanas-panasan antre minyak goreng hanya untuk mendapatkan 5 liter saja," keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan perdagangan Pontianak Junaidi mengatakan operasi pasar murah minyak goreng curah tetap digelar sesuai rencana dengan harga Rp 11.500 per liter.

"Ini masih berlaku hingga saat ini, di mana hari ini adalah hari keempat digelar operasi pasar murah minyak goreng curah, dan masih tersisa dua lokasi lainnya yang digelar akhir pekan ini, yakni Pontianak Tenggara dan Pontianak Timur," beber Junaidi.

Junaidi menjelaskan untuk satu titik lokasi operasi pasar minyak goreng curah ini disiapkan 7 ton dari produsen yang dibagikan ke 1.400 orang atau kepala keluarga. Syaratnya harus memiliki kupon dan fotocopy KTP.

"Adanya perbedaan harga minyak goreng dalam operasi pasar murah minyak goreng curah ini dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah per 16 Maret 2022 kemarin, tentu menjadi buruan masyarakat," kata dia.

"Sehingga masyarakat memilih membeli minyak goreng murah di operasi pasar sehingga memicu adanya antrean panjang meski telah diatur pola pembelian menggunakan kupon," sambungnya.



Simak Video "Halo Pak Mendag! Ombudsman Ungkap HET Minyak Goreng Tak Tercapai"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)