Gunung Raung Waspada, Pendaki Dilarang Rayakan HUT RI di Puncak Sejati

Ardian Fanani - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 16:45 WIB
Gunung Raung
Gunung Raung Waspada (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Status waspada atau level 2 Gunung Raung, membuat pendaki dilarang melakukan upacara pengibaran bendera merah putih peringati HUT ke 77 RI. Kebijakan ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Kepala pos pengamatan Gunung api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, status waspada Gunung Raung belum dicabut. Meski sampai saat ini kondisi Gunung Raung tidak mengeluarkan gejala letusan.

"Rekomendasi masih sama, karena status masih waspada," ujarnya kepada detikJatim, Selasa (9/8/2022).

Peningkatan status waspada (level 2) Gunung Raung itu tertuang dalam surat edaran Badan Geologi pada E380.Lap/GL.05/BGL/2022, tertanggal 29 Juli 2022. Dalam surat edaran itu, tertuang pula rekomendasi terkait dengan antisipasi erupsi Gunung Raung.

Beberapa rekomendasi itu, kata Mukijo, adalah masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km.

"Untuk itu pendakian juga tidak diperkenankan dilakukan. Termasuk itu (Pengibaran bendera merah putih saat HUT ke 77 RI)," tegasnya.

Pemerintah Daerah dan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunungapi Raung.



Simak Video "Momen Meriah Kirab Budaya 17 Agustus di Monas"
[Gambas:Video 20detik]