Mengintip Sunset yang Tertutup Awan dari Kolong Jembatan Suramadu

Suki - detikJatim
Senin, 25 Apr 2022 14:48 WIB
Banyak cara untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Salah satunya dengan mengarungi selat madura menggunakan Kapal Pinisi.
Jembatan Suramadu di kala senja/Foto: Suki/detikJatim
Surabaya -

Banyak cara untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Salah satunya dengan mengarungi Selat Madura menggunakan Kapal Pinisi.

Minggu (24/4/2022), detikJatim mengikuti acara bertajuk Sail With Phinisi Boat yang digelar Hotel and Tourism Business (HTB) Universitas Ciputra. Perjalanan dimulai pukul 16.00 WIB dengan Kapal Pinisi Flores Utama Indah, dari Terminal Kapal Roro, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Di pelabuhan, rombongan disuguhkan deretan kapal. Mulai dari kapal besar hingga kapal kecil.

Beberapa menit berselang, rombongan bisa melihat PT PAL Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kapal.

Banyak cara untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Salah satunya dengan mengarungi selat madura menggunakan Kapal Pinisi.Jembatan Suramadu/ Foto: Suki/detikJatim

Lalu ada Monumen Jalesveva Jayamahe atau Monjaya. Selain sebagai monumen, bangunan ini juga difungsikan sebagai mercusuar bagi kapal-kapal yang ada di laut sekitar.

Tak jauh dari Monjaya, ada sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang mengapung gagah. Rombongan bisa foto-foto di Kapal Pinisi dengan background kapal dan monumen tersebut.

Banyak cara untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Salah satunya dengan mengarungi selat madura menggunakan Kapal Pinisi.Rombongan foto-foto di Kapal Pinisi dengan background kapal dan monumen/ Foto: Istimewa (dok. Kapal Pinisi Flores Utama Indah)

Ketika senja menjelang, rombongan tiba di salah satu ikon Jawa Timur, Jembatan Suramadu. Ini yang paling menakjubkan. Rombongan bisa menikmati keindahan jembatan tersebut dari laut. Hal yang jarang bisa dilakukan.

Cuaca cerah. Lembayung senja berkilau sempurna di balik Jembatan Suramadu. Namun sayang, rombongan tak bisa menyaksikan detik-detik matahari tenggelam atau sunset. Sebab, sang surya tertutup awan.

Meski demikian, suasana senja di kolong Jembatan Suramadu tetap memukau. Lembayung senja seolah mewarnai jembatan tersebut. Sehingga rombongan tak buang-buang waktu untuk mengabadikan momen tersebut.

Setelah matahari tenggelam, rombongan makan malam. Kapal Pinisi tersebut berhenti sekitar 45 menit di dekat Jembatan Suramadu, sebelum kembali ke Terminal Kapal Roro.

Banyak cara untuk menikmati keindahan Jembatan Suramadu. Salah satunya dengan mengarungi selat madura menggunakan Kapal Pinisi.Menikmati keindahan Jembatan Suramadu/ Foto: Istimewa (dok. Kapal Pinisi Flores Utama Indah)

"Ini salah satu pengalaman yang sangat seru dan menarik. Saya juga jarang menelusuri Selat Madura menggunakan jalur laut. Ini sangat menakjubkan," kata salah seorang peserta, Karisma Dewi.

"Biasanya lewat dari atas (Jembatan Suramadu). View-nya laut. Melalui trip ini, saya bisa lihat langsung kolong Jembatan Suramadu. Menikmati keindahan Suramadu dari laut," pungkasnya.



Simak Video "Penampakan Motor yang Menumpuk saat Jembatan Suramadu Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)