Serunya Berwisata Air hingga Edukasi di Taman Sengkaling Malang

Serunya Berwisata Air hingga Edukasi di Taman Sengkaling Malang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Jumat, 18 Mar 2022 18:01 WIB
Sengkaling Malang
Sengkaling/Foto: Dokumentasi Humas UMM
Malang -

Sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata, Malang memiliki banyak rekomendasi tempat untuk berlibur. Mulai dari pantai, air terjun, hingga taman rekreasi.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Malang adalah Taman Rekreasi Sengkaling. Wisata ini terletak di tepi Jalan Raya Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau akses jalan Malang menuju Kota Batu.

Taman wisata di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini memiliki beragam jenis wahana yang bisa dinikmati. Tak hanya bagi anak-anak, tapi juga bagi kalangan dewasa.

Sengkaling beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Fasilitas yang dimiliki Sengkaling juga terbilang lengkap. Ketika memasuki Sengkaling, pengunjung akan disuguhi deretan kuliner khas Malang yang tergabung dalam Sengkaling Food Festival (SFF).

Sengkaling MalangSengkaling/Foto: Dokumentasi Humas UMM

Selain itu, di sebelah kiri tempat loket, terdapat penginapan dengan konsep kapal yang diberi nama Kapal Garden Hotel. Pengunjung juga bisa mampir ke tempat olahraga yang terbuat dari container bernama Workout Container Gym.

"Untuk biaya masuk ke wahana Taman Rekreasi Sengkaling, kami mematok harga 30 ribu pada weekday dan 35 ribu pada weekend. Beberapa fasilitas yang didapatkan adalah free akses ke semua kolam renang, taman satwa, taman kelinci dan beberapa wahana gratis lainnya," ungkap General Manager Taman Sengkaling UMM Dr Achmad Mohyi, Jumat (18/3/2022).

Selain itu, ada pula tiket terusan yang disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati wahana lebih lengkap.

"Kami juga menyediakan tiket terusan yang dibanderol seharga 60 ribu yang berlaku untuk semua kolam renang, Bom-Bom Car, Perahu Naga, Kiddy Train, Bumper Boat, Theater 4 Dimensi, dan Joyland Game Zone," sambung Achmad.

Sengkaling MalangSengkaling/Foto: Dokumentasi Humas UMM

Secara keseluruhan, wahana di Taman Rekreasi Sengkaling ini terbagi menjadi tiga bagian utama. Yaitu wahana air, wahana permainan, dan tempat satwa. Untuk bagian wahana air, pengunjung akan dimanjakan dengan kolam renang orang dewasa dan anak-anak. Ada pula kolam kapal misteri, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta sari, serta kolam cumi-cumi.

"Sementara itu di area wahana permainan, kami memiliki kapal misteri, perahu motor, dan sepeda air yang bisa digunakan untuk mengelilingi kolam sengkaling. Selain itu ada juga permainan bom-bom car, bioskop 4 dimensi, playground, kiddy train, bumper boat, dan sederet lainnya," imbuhnya.

Sejak akhir tahun 2021, sengkaling telah memulai langkah baru untuk menggabungkan edukasi dan wisata dalam taman rekreasinya. Achmad menjelaskan, Sengkaling telah bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk melakukan pelatihan dan pembelajaran.

Agenda tersebut meliputi pembelajaran mengenai cara kerja dan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, pesawat terbang, kapal cepat, hingga pelatihan lingkungan hidup. Tertarik mengunjungi Sengkaling?



Simak Video "Mengeskplore Madeleine Coffee di Kafe Berusia 150 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)