PSSI Ternyata Tak Tahu Kapasitas Stadion Kanjuruhan Malang!

PSSI Ternyata Tak Tahu Kapasitas Stadion Kanjuruhan Malang!

Muhammad Aminudin - detikJatim
Kamis, 06 Okt 2022 19:45 WIB
Ada yang berbeda di Stadion Kanjuruhan malam ini. Jelang laga Arema FC vs PSM Makassar, Aremania membentangkan Bendera Merah Putih raksasa di tribun.
Stadion Kanjuruhan (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Tragedi Kanjuruhan memakan korban hingga 131 korban tewas. Tragedi ini terjadi saat usai laga Arema FC kontra Persebaya di Stadion, Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

Korban tewas karena ditembaki polisi dengan gas air mata. Gas tak hanya ditembak ke lapangan namun juga ke arah tribun stadion yang masih penuh penonton.

Meski demikian, PSSI rupanya tak mengetahui berapa pastinya jumlah kapasitas Stadion Kanjuruhan. Ini karena tribun di stadion sifatnya fleksibel dan dilengkapi dengan single seat.

"Sulit menentukan, karena tidak dilengkapi tempat duduk. Itu akan menjadi evaluasi," ujar Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, Kamis (6/10/2022).

Lalu berapa sebenarnya kapasitas Stadion Kanjuruhan? detikJatim kemudian menanyakan ke pihak pengelola. Dalam hal ini adalah Kepala Dispora Pemkab Malang Nazarudin Seliant. Selama ini Arema FC adalah pihak penyewa.

Menurut Nazarudin, Stadion Kanjuruhan mempunyai kapasitas 38.054 orang. Di dalam stadion juga terdapat tribun berdiri yang ada di sisi utara dan selatan.

"Kapasitasnya 38.054, termasuk tribun berdiri, VIP, dan VVIP. Itu setahu saya," tegasnya.

Jika dihitung sesuai asumsi tempat duduk dengan lebar 52,5 centimeter, untuk bangku VVIP mampu menampung 602 orang, tribun VIP sebanyak 2.804 orang, ekonomi 19.720 orang.

Dengan total tempat duduk sebanyak 23.126, tribun berdiri 14.928. Jika ditotal kapasitas stadion sebanyak 38.054 penonton.

Lebih lanjut, Nazarudin juga menjelaskan ada 14 akses pintu keluar dan masuk penonton di tribun ekonomi. Selain itu, Stadion yang berada di Kepanjen ini juga memiliki dua pintu besar.

Namun, pintu tersebut hanya dikhususkan untuk kendaraan. Pintu gerbang itu berada mengapit di tribun VIP dan VVIP.

Nazarudin mengatakan, lebar keempat belas pintu keluar masuk penonton di tribun ekonomi memiliki lebar 2,8 meter atau cukup bisa dilewati dua orang. Ada juga tangga sebagai akses pintu ke tribun duduk tersebut.

"Kita punya pintu sebanyak 14, dengan lebar 2,8 meter. Juga ada 32 CCTV masih aktif. Ada juga enam pintu 6 besar. Namun bukan untuk penonton. Tapi jalur keluar masuk kendaraan," tandas Nazarudin.



Simak Video "2 Jenazah Korban Kanjuruhan Bakal Diautopsi Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)