Sederet Janji Jokowi Soal Tragedi Kanjuruhan

Sederet Janji Jokowi Soal Tragedi Kanjuruhan

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 06 Okt 2022 05:03 WIB
Presiden Jokowi tinjau Stadion Kanjuruhan, Malang
Presiden Joko Widodo saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Malang -

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Malang usai terjadinya tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang. Ia menyampaikan sejumlah janji.

Kunjungan pertama dilakukan di RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Malang. Presiden menemui sejumlah korban yang masih dirawat dan mengaku telah memberikan mereka semangat.

"Saya ingin memastikan bahwa yang dirawat di RSSA Malang mendapatkan pelayanan yang paling baik," kata Jokowi usai menjenguk para korban di depan RSSA, Rabu (5/10/2022).

Tidak hanya itu, ia juga memastikan kepada para pasien bahwa seluruh biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh pemerintah.

"Saya juga menyampaikan pada pasien semua biaya akan ditanggung pemerintah," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu pula, Presiden mengaku bahwa dirinya juga sempat berbincang dengan pasien soal peristiwa yang terjadi Sabtu (1/10). Ia ingin tahu akar permasalahan tragedi itu.

"Saya juga berbincang dengan satu dua pasien korban di Kanjuruhan untuk mengetahui situasi di malam pertandingan 1 Oktober 2022. Saya ingin tahu akar penyebab masalah ini sehingga ke depan mendapatkan solusi terbaik," ungkap Jokowi.

Mengenai kunjungan Jokowi ke Jatim ini, Menko Polhukam Mahfud Md sebelumnya sempat menyebutkan bahwa presiden akan memberikan santunan kepada seluruh korban.

"Masing-masing keluarga (korban meninggal) akan diberi 50 juta dan akan diserahkan presiden sendiri di Jatim. Mungkin di malang, mungkin di Surabaya sedang disiapkan teknisnya," ujar Mahfud, Selasa (4/10).

Usai menjenguk korban luka dan ahli waris Tragedi Kanjuruhan di RSSA, Jokowi meninjau Stadion Kanjuruhan. Ia sempat berkeliling mengamati langsung kondisi stadion.

Jokowi juga melihat gate atau pintu gerbang yang sempat terkunci hingga membuat para Aremania berdesakan hingga tewas saat hendak keluar di tengah kepungan gas air mata.

Usai berkeliling itu Jokowi menyampaikan beberapa hal. Salah satunya, ia ingin melakukan audit total hingga revitalisasi stadion.

Baca lengkap di halaman selanjutnya.