Sampaikan Duka Tragedi Kanjuruhan, Bonek: Ini Sangat Mengiris Hati

Sampaikan Duka Tragedi Kanjuruhan, Bonek: Ini Sangat Mengiris Hati

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Senin, 03 Okt 2022 19:56 WIB
Bonek mengirim karangan bunga duka cita untuk Aremania di Stadion Kanjuruhan, Malang
Bonek mengirim karangan bunga duka cita untuk Aremania di Stadion Kanjuruhan, Malang (Dok. Twitter @Green_Nord27)
Surabaya -

Suporter Persebaya Surabaya mengaku ikut berduka dengan Tragedi Kanjuruhan yang memakan 125 korban jiwa. Bonek menyebut insiden itu bukan lah rivalitas tapi merupakan tragedi kemanusiaan.

Tragedi yang terjadi usai laga Arema FC dan Persebaya bukan hanya dirasakan oleh Aremania saja. Tapi juga seluruh elemen suporter di Indonesia bahkan dunia.

"Ini bukan rivalitas atau apa, tragedi ini kerusuhan sangat mengiris hati anak negeri, rivalitas bagi kami hanya 90 menit, apa artinya nyawa melayang karena sepakbola," kata Koordinator Bonek Green Nord, Husain Ghazali kepada detikJatim. Senin (3/10/2022).

Pria yang akrab disapa Cak Conk itu menegaskan nyawa lebih berharga dari pada sebuah sepakbola. Terlebih, ada ratusan orang yang meninggal dunia.

Oleh karena itu, ia meminta untuk dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Terutama, federasi sepakbola di tanah air dan suporter.

"Saya harap semua evaluasi, mulai federasi sampai ke suporter. Mulai dari federasi, harus bertanggung jawab, gak bisa menyalahkan salah satu pihak. Karena, federasi yang paling tahu aturan regulasi seperti apa," ujarnya.

Cak Conk menjelaskan seyogyanya, federasi maupun operator tak bisa membentuk tim untuk investigasi sendirian. Tapi harus juga melibatkan dari pihak eksternal.

"Di lapangan, gak bisa membentuk tim dari federasi sendiri, tim investigasi itu harus independen," tuturnya.

"Operator liga, LIB, ini harus bertanggung jawab, karena mereka yang menentukan ideal pemain, broadcaster, kerja sama, dan lain-lain," sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin agar para suporter turut melakukan evaluasi. Termasuk, para koordinator suporter.

"Bagaimana caranya suporter yang lebih baik ke depan, harusnya kita juga internal kita menerima kondisi apapun, baik kalah ataupun menang, jangan menangnya saja, menerima kekalahan itu atau kalau tidak bisa ya tunjukkan cara elegan, gak merusak dan merugikan pihak mana pun," jelasnya.

"Semoga ini (tragedi) yang terakhir dan Aremania semuanya bangkit. Ayo, yang dewasa kita bantu bersama, tunjukkan bahwa sepak bola itu hiburan dan kebanggaan, ini hanya sebuah permainan hiburan," tandas Cak Conk.



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)