Jokowi Perintahkan PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Imbas Tragedi Kanjuruhan

Kabar Nasional

Jokowi Perintahkan PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Imbas Tragedi Kanjuruhan

Tim detikNews - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 12:00 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi perintahkan PSSI hentikan sementara Liga 1/ Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Surabaya -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesalkan tragedi Kanjuruhan Malang yang menewaskan 130 orang usai laga Arema FC versus Persebaya. Jokowi memerintahkan PSSI menghentikan sementara kompetisi Liga 1.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden seperti dilihat detikNews, Minggu (2/10/2022).

Jokowi pun memberikan arahan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, PSSI, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit buntut tragedi Kanjuruhan. Jokowi ingin korban yang dirawat mendapatkan pelayanan terbaik.

"Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Jokowi.

Arahan khusus juga disampaikan Jokowi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jokowi ingin tragedi Kanjuruhan diusut tuntas.

"Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta Menpora, Kapolri, dan Ketum PSSI melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola. Selain itu, Jokowi memerintahkan agar Liga 1 disetop sementara.

"Untuk itu, saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," imbuh dia.

Untuk diketahui, sebanyak 130 nyawa melayang akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang. Kejadian itu usai tuan rumah Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya di pekan ke-11 liga 1 2022/2023 pada Sabtu (1/10/2022). Pengumuman tewasnya ratusan orang meninggal dunia itu disampaikan langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

"Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota Polri," ungkapnya dalam konferensi pers di Malang, Minggu (2/10/2022).



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)