Liga 1 Dihentikan Sepekan Imbas Kerusuhan Arema FC Vs Persebaya

Kabar Sepakbola

Liga 1 Dihentikan Sepekan Imbas Kerusuhan Arema FC Vs Persebaya

Tim detikSport - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 04:13 WIB
Aparat lepaskan gas air mata ke arah suporter
Kerusuhan yang terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Surabaya -

Pertandingan Arema FC vs Persebaya berakhir dengan kerusuhan FC. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan Liga 1 2022 selama sepekan imbas kerusuhan tersebut.

Ironisnya, kerusuhan itu menimbukan korban jiwa yang jumlahnya belum terkonfirmasi hingga saat ini. Situasi ini membuat PT LIB akhirnya turun tangan dan memutuskan liga dihentikan selama sepekan sambil menunggu arahan dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua," ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, dalam rilis kepada detikSport, Minggu (2/10/2022).

"Keputusan tersebut kami umumkan setelah kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semuanya dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," jelas Lukita.

Arema sendiri harus menelan kekalahan 2-3 dari Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam WIB. Aremania yang tak terima dengan hasil tersebut berbuat onar dengan masuk ke lapangan.

Tak cuma menginvasi lapangan, mereka juga merusak mobil polisi dan membakar benda-benda yang ada di dalam stadion. Suporter yang berbuat anarkais ini mau tak mau memaksa pihak aparat keamanan memukul mundur, termasuk memakai gas air mata.

Bahkan kerusuhan kabarnya melebar sampai ke luar stadion yang membuat situasi di kota Malang menjadi mencekam. Bahkan tim Persebaya sempat tertahan lama di stadion sebelum dipulangkan menggunakan rantis.



Simak Video "Melihat Tribun 12, Saksi Bisu Mencekam Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)