Paniknya Aremania hingga Jatuh Terinjak-injak Saat Gas Air Mata Ditembakkan

Tim DetikJatim - detikJatim
Minggu, 02 Okt 2022 02:34 WIB
Aparat lepaskan gas air mata ke arah suporter
Aparat lepaskan gas air mata ke arah suporter (Foto: detikJatim)
Malang -

Terjadi kericuhan Stadion Kanjuruhan, Malang usai laga Arema FC dan Persebaya. Ratusan suporter melempari dan masuk ke dalam lapangan. Mereka kecewa karena Arema FC dikalahkan Persebaya 2-3.

Pantauan detikJatim di stadion, ratusan suporter langsung turun dan mengejar para pemain. Namun karena kesigapan petugas, para pemain langsung berhasil diamankan.

Sebaliknya, amarah suporter semakin massif dan terlibat saling dorong dengan aparat. Masifnya suporter yang masuk membuat kewalahan aparat meski sudah dihalau.

Karena terus melakukan perlawanan, aparat kemudian melepaskan tembakan gas air ke arah kerumunan suporter yang turun ke lapangan. Tak hanya itu, aparat juga menembakkan gas air mata ke arah sejumlah tribun yang masih penuh penonton.

Akibatnya, kepanikan terjadi di tribun. Suporter kemudian berlarian menuju pintu keluar. Sehingga banyak di antara mereka yang jatuh dan terinjak-injak.

Sementara itu asap putih terus mengepul dari gas air mata tampak di tribun stadion. Karena hal ini banyak suporter yang kemudian pingsan. Tak terkecuali anak-anak dan perempuan.

Tak terima, sebagian suporter kemudian membakar sejumlah kursi dan merusak mobil polisi yang ditemui, baik di dalam stadion maupun di luar stadion. Sedangkan korban yang pingsan tak banyak yang belum bisa dievakuasi.

Korban yang pingsan dan terkapar kemudian banyak dievakuasi tenaga medis dan aparat menjauh dari kepulan asap gas air mata. Mereka sementara diangkat dan ditempatkan di musala, dan sekitar pintu keluar stadion.

Sedangkan ambulans silih datang dan pergi membawa korban dari stadion ke rumah sakit. Ini karena keterbatasan ambulans dan banyaknya korban yang terluka dan pingsan.

Hingga saat ini, korban kericuhan di Stadion Kanjuruhan masih terus mengalir ke rumah sakit sekitar. Sejumlah keluarga maupun suporter lainnya juga banyak yang mendampingi ke rumah sakit.



Simak Video "Petugas Mulai Bersih-bersih di Lokasi Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)