Saat Pembeli Tak Ambil Pusing soal Mie Gacoan Belum Tersertifikasi Halal

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 19 Agu 2022 18:39 WIB
mie gacoan di ambengan surabaya
Mie Gacoan di Jalan Ambengan Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Kabar Mie Gacoan tersertifikasi halal mencuat. Mie Gacoan tidak bisa disertifikasi halal karena tidak memenuhi salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Namun Gerai Mie Gacoan di Surabaya dan Malang tetap ramai pembeli. Kebanyakan mereka mengaku kabar Mie Gacoan belum bisa tersertifikasi halal karena nama merk dan produk.

Dini (24) warga Sememi, Surabaya mengaku awalnya dia sempat kaget dengan kabar tersebut. Namun setelah tahu penjelasannya tetap beli Mie Gacoan.

"Ya baru tahu kalau belum tersertifikasi halal, tapi kan nama-nama makanan, minuman sama mereknya saja. Sempet kaget, ternyata bukan bahannya. Soalnya sering makan gacoan," jelas Dini kepada detikJatim di lokasi Mie Gacoan Jalan Ambengan Surabaya, Jumat (19/8/2022).

Berbeda dengan Hendra (25) warga Menanggal, ia memilih untuk tidak memakan Mie Gacoan sementara. Hngga sudah memenuhi syarat halal. Ia mengikuti MUI dan menunggu MUI menyatakan sudah tersertifikasi halal.

"Meskipun nama makanan sama mereknya ya, nunggu MUI saja lah. Biasanya sering beli, karena murah dan enak," tandasnya.

Sementara pelanggan Mie Gacoan di Jalan Jakarta, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, juga ramai. Di sana terlihat banyak pengunjung maupun driver Ojek Online (Ojol) yang mengantre panjang di depan kasir untuk memesan. Pemandangan serupa tampak di Jalan WR. Supratman, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Hal itu dibenarkan salah satu dirver Ojol, Beni saat ditemui di gerai Mie Gacoan di Jalan Jakarta, Kota Malang. Ia mengatakan sejauh ini tidak ada penurunan jumlah pesanan Mie Gacoan yang diterima.

"Tetep aja seperti biasanya. Cuman memang dalam sehari-hari itu yaa nggak ramai terus, kadang bisa sepi dan kadang bisa ramai," ujarnya kepada detikJatim.

Mie Gacoan merupakan mie pedas kekinian. Mienya diberi bumbu banyak cabai lalu diberi topping daging ayam rebus yang dicincang halus.



Simak Video "Ricuh Ojol Vs Karyawan Mie Gacoan Kotabaru Yogyakarta!"
[Gambas:Video 20detik]