Tahu Nggak Rek? Pecel Madiun Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 14:55 WIB
Nasi pecel Madiun Yu Gembrot
Pecel Madiun Yu Gembrot, Foto: Instagram @yu_gembrot
Surabaya -

Saat Anda berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk mencicipi Pecel Madiun. Namun, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu tentang sejarah dan asal-usul Pecel Madiun yang telah dirangkum detikJatim berikut ini.

Pecel Madiun merupakan kuliner khas Madiun, Jawa Timur. Kuliner ini sekilas mirip pecel pada umumnya. Namun, ternyata ada perbedaan signifikan dari pecel lainnya.

Salah satu ciri khas Pecel Madiun adalah tambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya. Lalu, sayuran di Pecel Madiun lebih beragam.

Dilansir dari buku Aneka Resep Masakan Tradisional Khas Jawa tulisan Siti Nur Aidah, sayuran rebus dalam Pecel Madiun terdiri dari kacang panjang, kembang turi, kecambah, kenikir, bayam, daun singkong, dan daun pepaya. Selain itu, ada juga bahan lain seperti lamtoro (petai cina), kemangi, dan potongan krai.

Ciri khas lainnya adalah Pecel Madiun dibungkus menggunakan daun pisang. Pecel Madiun lebih nikmat jika disantap dengan nasi, peyek, dan aneka lauk. Seperti tempe, tahu, daging empal, jerohan sapi, telur ceplok, atau telur asin.

Salah satu rumah makan Pecel Madiun legendaris adalah Yu Gembrot. Rumah makan ini telah membuka cabang di berbagai daerah. Pecel ini telah dijual sejak 1942 di Madiun dan sekarang diteruskan oleh generasi ketiga.

Simak sejarah dan asal-usul Pecel Madiun di halaman selanjutnya.