10 Rekomendasi Kuliner Kawasan Mataraman Jatim, Cocok Buat Menu Lebaran

Tim detikJatim - detikJatim
Minggu, 01 Mei 2022 15:23 WIB
5 Rekomendasi Warung Pecel Tenda yang Punya Lauk Lengkap dan Enak
Pecel Tumpang (Foto: Instagram@darihaltekehlate)
Surabaya -

Bagi para pemudik, jangan lupa untuk menyempatkan wisata kuliner ke daerah-daerah yang Anda kunjungi. Bagi detikers yang mudik ke Jawa Timur, jangan khawatir perut keroncongan. Jatim punya segudang kuliner unik, menarik, dan cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Kali ini, Anda bisa menyimak rekomendasi kuliner Jatim di wilayah Mataraman. Mulai dari Pacitan hingga Blitar. Berikut rekomendasinya.

1. Pacitan

Kabupaten yang terletak di wilayah pantai selatan Jawa Timur ini memiliki berbagai kuliner yang menggugah selera. Khususnya menu masakan utama.
Sebut saja Sego Godhong Jati, yakni nasi campur yang dibungkus dengan daun pohon jati. Makanan ini berisi nasi, sayur, dan aneka lauk, Seperti urap, kering tempe, serundeng, ikan asin atau peyek. Aroma daun jati yang khas membuat kudapan ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Anda bisa membeli sego godhong jati ini di berbagai tempat. Salah satunya di Warung Godhong Jati Bu Maryani, Jalan Laksamana Yos Sudarso, Krajan III, Semanten, Pacitan.

2. Magetan

Wilayah Jawa Timur yang terkenal dengan wisata Telaga Sarangan ini memiliki beragam kuliner unik. Misalnya Sate Jamur Tiram.

Kudapan ini menjadi primadona bagi pecinta kuliner sate. Anda bisa membelinya di warung sate jamur Bu Darmi ini di Jalan Tembus Sarangan Cemorosewu, Magetan. Harganya pun sekitar Rp 10 ribu.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan beragam kuliner lain. Seperti Tepo Tahu, Wedang Cemue, dan manisan kulit jeruk pamelo.

3. Madiun


Jika mampir ke Madiun, tak lengkap rasanya jika tak merasakan kuliner pecel Madiun. Bumbunya yang khas, dipadukan dengan nasi, aneka sayur dan lauk, mampu membuat lidah bergoyang.

Anda dapat menemukan Pecel Madiun di berbagai titik. Namun, Depot Pecel 99 di Jalan Cokroaminoto dan Pecel Yu Gembrot di Jalan Imam Bonjol, Madiun bisa menjadi pilihan.

Usai menyantap pecel, jangan lupa untuk membeli makanan penutup seperti Dawet Suronatan. Serta oleh-oleh Bluder Cokro yang legendaris.

Nasi pecel Madiun Yu GembrotNasi pecel Madiun Yu Gembrot Foto: Instagram @yu_gembrot

4. Ponorogo


Kuliner di Bumi Reog ini bisa diadu dengan yang lain. Terlebih,Ponorogo terkenal dengan kudapan satenya. Anda bisa menemukan banyak warung yang menjual Sate Ponorogo. Salah satunya Sate Ayam Ponorogo Tukr iSobikun di Jalan Lawu Gg. Sate No.43 K, Ponorogo.

Setelah makan sate, jangan lupa cicipi Dawet Jabung Bu Sumini, yakni dawet khas Ponorogo. Anda bisa membelinya di Jalan Raya, Dusun 2, Jabung, Mlarak, Ponorogo.

5. Ngawi

Salah satu wilayah paling barat Jawa Timur ini juga memiliki sejumlah kuliner khas dan unik. Misalnya Pecel Lethok. Kuliner ini mirip dengan pecel yang diberi sambal tumpang.

Anda bisa mendapatkannya di Pecel Mbah Jan Jalan Trunojoyo, Pacitan. Menu pecel lethok disajikan dengan pincuk daun jati yang membuat aromanya semakin menggugah selera.

Selain pecel, Anda juga bisa menjajal Botok Tawon Prandon. Yakni kuliner khas Ngawi yang dibuat dari rumah tawon dan rempah-rempah khusus.

wisata kuliner botok tawonwisata kuliner botok tawon Foto: Ivonesuryani/d'traveler

6. Nganjuk

Bergeser sedikit ke arah timur, yakni KabupatenNganjuk. Di sini, Anda bisa menemukan beragam kuliner, salah satunya Nasi Becek. Bagi pecinta masakan bersantan dan olahan kambing, wajibcicipi kuliner satu ini.

Anda bisa membelinya di Warung Pojok Jalan Dr Soetomo, Nganjuk. Nasi Becek memiliki kuah warna kuning dan campuran santan, rasanya mirip gulai. Lebih mantap jika dipadukan dengan sate kambing.

Selain itu, Anda bisa menjajal Sego Banting di Nganjuk. Untuk oleh-oleh, cobalah beli dumbleg, makanan khas Nganjuk yang berbahan dasar tepung beras dan dibalut daun pisang.

7. Kediri


Kediri menjadi salah satu destinasi favorit pemudik di Jawa Timur.Selain menikmati wisatanya, sempatkan menjajal kuliner kediri.

Salah satunya Pecel Pudakit sambal tumpang. Lokasinya berada di emperan toko Pudakit Indah, Jalan Dhoho, Kota Kediri. Kuliner ini buka pada pagi dan malam hari. Yakni pukul 05.30-09.30 WIB dan 21.00-03.30 WIB.

Selain itu, ada bisa mampir ke Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur. Menu warung yang berada dekat Stasiun Kediri ini terkenal akan kelezatannya. Terbukti, pembelinya selalu antre. Untuk oleh-oleh, Anda bisa membawa tahu khas Kediri atau gethuk pisang.

5 Rekomendasi Warung Pecel Tenda yang Punya Lauk Lengkap dan EnakPecel Tumpang Foto: Instagram@warung_sekartaji

8. Trenggalek

Jika tujuan mudik Anda ke Trenggalek,sempatkanlah menjajal berbagai kuliner khas yang terkenal di sana. Misalnya Tahu Lontong yang bisa ditemukan di sekitar Alun-AlunTrenggalek atau Soto AyamJarakan yang menggunakan perkedel atauPunten Pecel.

Selain itu, ada Nasi Gegok yang merupakan kudapan nasi yang dilengkapi dengan sambal teri dan dibungkus daun pisang. Anda bisa mendapatkannya di Jalan Raya Bendungan, Trenggalek.

Usai menyantap menu utama itu, belilah oleh-oleh Trenggalek. Seperti alen-alen, manco, semprong, dan lain-lain.

9. Tulungagung

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Trenggalek ini juga menyimpan segudang kuliner yang nikmat. Seperti Ayam Lodho. Menu ini berupa ayam yang diberi bumbu santan. Biasanya disajikan dengan urap-urap serta nasi gurih.

Anda akan mudah menemukan warung yang menjual Ayam Lodho. Salah satunya Ayam Lodho Pak Yusuf di Jalan KHR Abdul Fattah 88, Ngemplak, Tulungagung.

Setelah itu, jajalah Kopi ijo/kopi cethe khas Tulungagung. Dinamakan Kopi Ijo karena minuman ini berwarna hitam kehijauan. Sebab, proses pengolahan bubuk kopi ini menggunakan campuran kacang hijau. Kadar kafeinnya pun dinilai lebih rendah.

Resep Ayam Lodho Khas TulungagungAyam Lodho Khas Tulungagung Foto: Dok. Asviyanti Lestari

10. Blitar


Bumi Bung Karno ini ternyata juga memiliki aneka ragam kuliner. Salah satu makanan yang paling terkenal adalah Tahu BumbuLawu. Makanan ini berbahan dasar tahu goreng yang disiram kuah saus kacang gurih. Lalu disajikan dengan potongan lontong, tauge, kerupuk, sambal, dan bawang goreng.

Kudapan ini mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Blitar. Salah satu tempat makan Tahu Bumbu yang terkenal di Blitar berada di Jalan Lawu, Kota Blitar.

Setelah itu, Anda bisa membeli oleh-oleh Geti atau Peyek Uceng khas Blitar.

Selamat pesta kuliner saat Lebaran, rek!



Simak Video "Wilayah Mana yang Paling Banyak Jadi Tujuan Mudik 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)