Awas Telap-telep, Ini 6 Rekomendasi Nasi Pecel Enak di Surabaya

Revica Jausafadlina - detikJatim
Jumat, 25 Mar 2022 17:16 WIB
Cara membuat sambal pecel Madiun
Foto: istock
Surabaya -

Siapa yang tidak mengenal pecel, kuliner yang satu ini disajikan dengan siraman bumbu kacang di atasnya. Rasanya pun pedas dan manis menggugah selera.

Pecel juga dipadukan dengan sayur-sayuran, tempe, tahu, telur, dan juga rempeyek yang renyah. Di Surabaya, pecel sangat mudah ditemukan. Pecel tidak hanya cocok dibuat sarapan, tapi cocok untuk kuliner malam.

Berikut ini rekomendasi pecel enak yang ada di Surabaya:

1. Warung Pecel Bu Naning
Warungnya sederhana, terlihat hampir sama dengan warung-warung biasanya. Warung Pecel Bu Naning namanya. Berada di seberang kantor Samsat Kertajaya, warung ini dipenuhi pengunjung. Ada yang makan di tempat, ada juga yang sekadar membungkus untuk dibawa pulang.

Porsi yang diberikan membuat perut kenyang. Ada berbagai pilihan lauk, mulai dari tempe goreng, tempe menjes, dadar jagung, telor dadar, telorceplok, ayam goreng sampai empal. Peyeknya bisa memilih peyek kacang atau peyek ikan teri. Harganya juga terjangkau.

2. Nasi Pecel Ponorogo Boeyatin
Warung nasi pecel yang satu ini memiliki ciri khas juga yang membedakan dengan warung pecel lainnya. Bumbu pecel yang digunakan dari kacang tuban sebagai bahan baku. Kacang tuban dapat menciptakan rasa gurih dan khas.

Selain bumbunya yang khas, banyak juga pilihan yang ditawarkan sebagai lauk pendamping nasi pecelnya seperti sate usus, otak telur, paru goreng, bakwan jagung, sate telur puyuh, dan masih banyak lainnya. Warung Pecel Ponorogo Boeyatin ini terletak di Jalan Ketabang Kali No. 51 Genteng, Surabaya. Jam buka mulai pukul 06.00 WIB pagi hingga 20.00 WIB.

3. Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng
Dari namanya saja pasti sudah membuat orang terheran-heran. Seperti namanya, nasi pecel ini disajikan dengan kuah rawon dan bercampur dengan bumbu kacang.

Mungkin jika dibayangkan akan sedikit aneh, namun rasa yang disuguhkan benar-benar enak dan membuat orang ketagihan.

Warung nasi pecel rawon Pucang Moro Seneng ini terletak di Jalan Pucang Anom No 17. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan dini hari.

4. Nasi Pecel Bu Djoyo
Nasi pecel Bu Djoyo ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri dari bumbu pecelnya yang endul karena bumbu kacangnya yang masih ditumbuk secara tradisional.

Rasa dari nasinya pun juga otentik karena nasi dan sayurnya cara memasaknya masih menggunakan kayu bakar. Biasanya yang paling favorit adalah nasi pecel menggunakan lauk empal karena daginya empuk dan cukup besar.

Warung nasi pecel Bu Djoyo ini terletak di Jalan Pandegiling No 318A. Jam buka hanya mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

5. Nasi Pecel MM Bu Endang
Warung nasi pecel ini terkenal akan harganya yang murah dan juga pilihan sayur yang sangat banyak. Sayur yang ditawarkan seperti kangkung, daun singkong, bendoyo, mentimun, dan lain-lain. Tak kalah dengan warung nasi pecel lain, rasa dari pecel di warung MM Bu Endang ini juga sangat sederhana dan menggugah selera.

Warung nasi pecel ini beralamat di Jalan Gubeng Kertajaya XIII A no. 28, Gubeng. Jam buka warung ini mulai pukul 06.30 WIB hingga 12.00 WIB.

6. Nasi Pecel Madiun Bu Kus
Nasi pecel yang satu ini juga tak kalah nikmat dari nasi pecel lainnya. Ada yang unik dari nasi pecel ini, yaitu selain menggunakan bumbu kacang tapi nasi pecelnya pun juga disiram menggunakan kuah lodeh. Dengan taburan serundeng, sambal tahu dan oseng tempe akan menambah kelezatan rasanya.

Lauk pendamping nasi pecelnya pun juga beragam, seperti paru goreng, empal, dan masih banyak lagi. Warung pecel Madiun Bu Kus ini beralamat di Jalan Barata Jaya XX No. 110, Surabaya. Jam buka warung ini mulai pukul 06.00 WIB-19.30 WIB.



Simak Video "Pecel Udang, Rasa Seafood dengan Gurihnya Bumbu Pecel, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)