Sejarah Nasi Krawu Khas Gresik yang Enak dan Nendang

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 12 Agu 2022 13:02 WIB
nasi krawu untuk sarapan
Nasi Krawu khas Gresik/Foto: Instagram
Surabaya -

Penggemar nasi krawu khas Gresik merapat! Tahukah Anda jika nasi krawu merupakan masakan leluhur dari Madura? Berikut sejarah dan asal-usul nasi krawu yang telah dirangkum oleh detikJatim.

Sebelum mengetahui sejarahnya, ada baiknya Anda yang belum mengetahui nasi krawu menyimak tentang kudapan satu ini. Agar pengetahuan Anda semakin lengkap.

Nasi krawu terdiri dari nasi putih yang pulen dengan lauk utama suwiran daging sapi yang dimasak dengan bumbu pedas. Lalu, diberi taburan serundeng atau poya yang terbuat dari parutan kelapa.

Poya yang menjadi salah satu kunci kenikmatan nasi krawu ini terdiri dari 2 jenis. Yakni poya berwarna kekuningan dengan rasa yang manis, serta poya berwarna oranye kemerahan yang memiliki rasa sedikit pedas.

Nasi krawu semakin lengkap dengan sambal terasi. Ada juga yang menambahkan lauk telur asin, jeroan sapi beserta kuah semur sesuai selera. Kesedapan nasi krawu semakin terasa karena kuliner ini biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Jika Anda sudah memahami tentang nasi krawu, saatnya Anda simak sejarah dan asal usul nasi krawu di halaman selanjutnya.