Diskumdag Kota Batu Respons Viral Wisatawan Beli Keripik Buah Isi 4 Biji

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 20:14 WIB
Keripik buah yang disebut oleh-oleh dari Kota Batu
Keripik buah yang disebut oleh-oleh dari Kota Batu (Tangkapan layar)
Kota Batu -

Kisah wisatawan yang kecewa setelah membeli keripik buah hanya berisi 4 biji dalam satu bungkus di Kota Batu menjadi perhatian berbagai pihak. Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu pun turut memberikan respons viral tersebut.

"Kita telah mengetahui adanya informasi keripik buah model bantal (terlihat menggelembung besar, tapi isinya sedikit) yang katanya dijual di wilayah Kota Batu itu," ujar Kepala Diskumdag Kota Batu, Eko Suhartono kepada detikJatim, Selasa (9/8/2022).

Eko menyampaikan pihaknya akan menindaklanjuti keluhan tersebut dengan melakukan monitoring ke toko-toko penjual keripik buah di wilayah Kota Batu. Sebab, pihaknya perlu mengetahui secara jelas produksi keripik buah yang hanya berisi beberapa biji itu berasal dari mana.

"Nanti kita akan monitoring berkoordinasi dengan lembaga terkait. Karena terus terang, kita belum tau yang memproduksi darimana dan siapa? Apakah benar dari Kota Batu atau dari luar kota. Soalnya meski dijual di Kota Batu belum tentu itu diproduksi di sini," terangnya.

Ia pun berharap kasus serupa tidak terjadi lagi, karena hal itu dapat mencederai citra UMKM Kota Batu sebagai tempat jujugkan wisatawan. Apalagi pasca pandemi COVID-19 perekonomian di Kota Batu saat ini mulai kembali bangkit.

"Nanti harapan kita agar tidak terjadi lagi peristiwa seperti itu. Jangan sampai ini menjadi pencitraan yang tidak bagus. Artinya, jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan situasi," tandasnya.

Sebelumnya, wisatawan asal Gresik melalui akun TikTok @Khoiriah.14 menceritakan kisahnya saat berwisata ke Kota Batu pada Minggu (31/7/2022) lalu. Ibu rumah tangga itu mengaku saat akan pulang dari Kota Batu sempat membeli keripik buah untuk oleh-oleh.

Ia membeli keripik buah dalam bentuk paket. Dalam satu paket berisi tujuh dan delapan bungkus keripik buah. "Emang sudah dibungkus paketan gitu, tiga kantong isi tujuh dan delapan bungkus dengan harga Rp 120 ribu," terangnya.

Setelah sampai di rumah, dia terkejut melihat satu bungkus keripik buah yang dibelinya hanya terisi beberapa lembar keripik saja. Mengetahui itu, dia langsung mencoba membuka bungkus keripik lain dan ternyata hasilnya sama, hanya berisi beberapa lembar keripik.

"Tinggal dua yang sampai sekarang belum saya buka di rumah," tandasnya.



Simak Video "Uji Nyali Meluncur Seru dari Ketinggian Bermain Flying Fox, Kota Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)