Legit-Segarnya Es Campur Durian Wonosalam di Jombang Nagihi!

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Minggu, 03 Jul 2022 13:20 WIB
Es Campur Durian
Es Campur Durian (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Jombang -

Wilayah Wonosalam di Jombang terkenal dengan wisata alamnya. Mulai dari pemandangan pegunungan, hamparan sawah, dan udara yang sejuk. Namun, jangan lupa untuk mencicipi Es Campur Durian saat Anda berkunjung ke sana. Kesegaran esnya bikin pecinta durian ketagihan!

Anda bisa membeli minuman ini di Warung Griya Duren. Yakni di Jalan Anjasmoro, Dusun Pucang Rejo, Wonosalam, Jombang. Ada berbagai olahan durian yang jadi menu di sana. Salah satu menu favorit pelanggan adalah Es Campur Durian.

Minuman berwarna merah tersebut berbahan utama serutan es, sirup dan kental manis. Lalu ditambah selasih, serutan kelapa muda, dan buah naga. Serta dua biji durian Wonosalam yang menjadi toping di setiap porsi es campur.

Es Campur DurianEs Campur Durian Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Saat detikJatim berkesempatan mencicipinya, rasa manis dari sirup dan kental manis langsung terasa di mulut. Dahaga pun langsung lega setelah menyeruput esnya. Tentunya, tak lengkap jika tak memadukan daging durian Wonosalam ke dalam es campur itu. Legitnya durian Wonosalam pun langsung terasa.

Harga Es Campur Durian itu pun sangat ramah di kantong. Yakni hanya Rp 15 ribu per porsi. Tiap hari, selalu ada pelanggan yang memesan menu tersebut. Selain itu, ada juga menu lain seperti pancake durian, es krim durian, durian kupas, dan kolak ketan durian.

Sang pemilik, Heri Susanto (38) mengatakan bahwa dirinya menekuni bisnis olahan durian tersebut sejak 2019. Sebelumnya, dia berdagang durian asli Wonosalam sejak 2008. Sebagai warga lokal, Heri sangat memahami durian yang berkualitas.

"Lalu muncul ide untuk buka Warung Griya Duren yang menyajikan menu-menu olahan durian," papar Heri, Minggu (3/7/2022).

Heri pun memiliki kiat khusus untuk menyiasati durian yang tidak bisa berbuah sepanjang tahun. Yakni, dia selalu menyimpan stok durian selama musim panen pada November hingga Mei. Daging-daging durian dikupas, lalu diletakkan dalam wadah, dan disimpan di lemari pendingi (freezer).

"Sehingga olahan durian, termasuk es campur durian tetap bisa dinikmati meski tidak sedang musim durian," jelas Heri.

Daripada ngiler, langsung saja mampir ke Wonosalam, Jombang untuk cicipi Es Campur Durian ya, rek!



Simak Video "Heboh Warga Tandu Jenazah Lewat Jalan Berlumpur di Jombang"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)