Sensasi Segar-Kenyal Es Dawet Siwalan Khas Gresik Pelepas Dahaga

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Sabtu, 02 Jul 2022 16:47 WIB
Es dawet siwalan
Es dawet siwalan (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Es dawet siwalan paling cocok dinikmati saat cuaca terik. Rasanya yang segar, pas diminum di tengah teriknya cuaca Kabupaten Gresik.

Minuman segar ini memang sudah tak asing bagi warga Kota Santri. Sepintas, tampilan minuman ini tak berbeda jauh dengan es dawet lainnya. Namun, yang membuat berbeda adalah, bahan utama membuat dawet yakni buah siwalan atau yang dikenal dengan buah ental.

"Iya kita iris-iris kayak dadu, terus kita tambahkan gula jawa, terakhir kita siram dengan air santan kelapa. Kalau diberi es batu tambah segar," kata salah satu pedagang es dawet siwalan, Desi yang berjualan di sekitar Edu Wisata Lontar Sewu, Menganti, Gresik Sabtu (2/7/2022)

Buah siwalan sendiri banyak tumbuh subur di daerah berikilim panas seperti Gresik. Selain bertekstur kenyal, buah siwalan juga memiliki kadar air yang kerap dijual minuman legen.

"Ya, di sini banyak petani buah siwalan. Ada yang buat dawet, ada yang dijual buahnya saja, ada yang dibuat legen," jelas Desi.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Surabaya, Sugeng mengaku selalu mampir untuk membeli es dawet siwalan ketika berkunjung ke Wisata Lontar Sewu, Gresik. Terkadang ia juga membeli buah siwalan untuk dibawa pulang.

"Ya kalau ke sini pasti beli. Kadang beli buahnya saja, dicampur sirup marjan, segernya sampai nggak bisa lupa," ucap Sugeng.



Simak Video "Dawet Siwalan Kuliner Pelipur Dahaga Panasnya Lamongan "
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)