Yuk, Makan Siang di Cak Mis-Ada 'Krisdayanti' hingga Es Pentil

Esti Widiyana - detikJatim
Senin, 30 Mei 2022 12:00 WIB
angkringan cak mis sajikan menu unik
Warung Cak Mis di Surabaya yang sajikan menu-menu unik (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Salah satu kriteria untuk membeli makanan adalah menu yang disajikan. Namun, apa jadinya saat Anda mendengar menu seperti Krisdayanti, cucak rowo, kulit landak, cecek elek, hati celeng, atau cakar maut? Menu-menu itu dijual oleh salah satu pedagang kaki lima di Surabaya, yakni Warung Cak Mis.

Warung Cak Mis cukup melegenda di Kota Pahlawan. Berlokasi di Jalan Bintoro 7, Surabaya, Warung Cak Mis buka mulai pukul 11.00 hingga 03.00 WIB. Sekilas, warung pinggir jalan ini tampak tak pernah sepi pembeli. Selalu ada orang yang datang dan duduk untuk menyantap menu-menu unik di warung tersebut.

Tampak aneka sate-satean, gorengan, nasi bungkus, hingga minuman ditata di meja panjang. Mirip tatanan sebuah angkringan.

Menurut sang pemilik, Cak Mis, menu yang paling laris atau best seller adalah Krisdayanti. Eits, Krisdayanti di sini bukan diva yang sesungguhnya.

"Krisdayanti itu ini, sate usus pedas. Kalau ini Cucak Rowo atau Sate Telur Puyuh," kata Cak Mis saat menjelaskan menu-menu di warungnya kepada detikJatim, Senin (30/5/2022).

angkringan cak mis sajikan menu unikAneka Menu Unik di Warung Cak Mis, Surabaya Foto: Esti Widiyana

Selain Krisdayanti, ada juga menu Kulit Landak yang ternyata kulit ayam, Hati Celeng yang diartikan Cak Mis sebagai hati ayam. Ada pula Kuping Ndableg yang berarti sate jeroan sapi.

"Banyak macamnya menu di sini, ada lebih dari 30 macam," ucap Cak Mis.

Sementara itu, menu nasi dan lauk pauk disebut Sembako. Misalnya Sembako rasa daging yang berisi nasi dengan daging sapi bumbu pedas. Ada juga Sembako Bandeng, Sembako Telur, hingga Sembako Keringan yang berisi daging sapi goreng dan kering tempe.

Nama-nama minuman di sini juga tak kalah unik dengan menu makanannya. Seperti menu minuman Mbok Enom yang berarti es jamu sinom. Lalu ada Es Pentil atau es susu, ada pula STW atau es teh atau kopi hangat dengan jahe.

"Menu sate-satean dan gorengan dibanderol mulai Rp 3 ribu saja. Kalau menu paket nasi, lauk, dan minuman harganya mulai dari Rp 29 ribu," papar Cak Mis.

Cak Mis ternyata telah membuka warung tersebut selama 38 tahun atau sejak awal tahun 1984. Usaha ini merupakan peninggalan kedua orang tuanya.

"Penjualan sih tergantung ya, kadang sepi, kadang ramai," ungkap Cak Mis saat menjelaskan naik-turun penjualannya.

Jika Anda penasaran mencicipi menu-menu itu, langsung saja datang ke Warung Cak Mis yang buka setiap hari!



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)