Memori Sepiring Lontong Kupang Surabaya

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 13 Mei 2022 16:38 WIB
lontong kupang Pantai Kenjeran
Lontong kupang surabaya/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Lontong kupang surabaya merupakan salah satu makanan khas di Jawa Timur. Kupang itu sejenis kerang namun berukuran kecil.

Penjual lontong kupang biasanya mengulek paduan bawang putih goreng, petis dan cabai sesuai request pembeli di piring. Lalu, ditambahkan dengan potongan lontong, kuah bening dengan kupang, hingga kremesan lentho goreng yang dibuat dari singkong parut.

Lontong kupang juga disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Ada pula perasan jeruk nipis yang membuat rasanya semakin segar.

Penjual lontong kupang surabaya juga menyediakan tambahan sate kerang. Untuk minumnya, yang paling banyak diminati yakni es degan.

Harga lontong kupang relatif murah mulai Rp 10 ribu. Penjual lontong kupang surabaya banyak ditemui di kawasan Pantai Kenjeran.

Tak sulit untuk mencari penjual lontong kupang di Kenjeran. Bahkan di area pantai banyak penjual yang berjajar menjajakan lontong kupang.

Di Kota Pahlawan, lontong kupang menjadi salah satu kuliner yang banyak peminatnya. Jija dideskripsikan, sepiring lontong kupang menyuguhkan rasa gurih, segar hingga memanjakan lidah penikmatnya.

Salah seorang penikmat lontong kupang surabaya, Anto mengaku telah lama menjadi pelanggan setia di Pantai Kenjeran. Menurutnya, rasa lontong kupang di sana berbeda. Ada sensasi makan di dekat pantai.

"Kalau di lainnya nggak gini rasanya, di sini enak, nggak amis, terus rasanya pas sambil nongkrong nikmati pantai," ungkap Anto.

Satu porsi lontong kupang surabaya bisa dinikmati dengan harga Rp 10 ribu saja. Lalu untuk sepiring sate kerang bisa didapat dengan harga Rp 10 ribu juga. Sementara tiket masuk ke Pantai Kenjeran hanya Rp 5 ribu.

Selain lontong kupang surabaya, juga ada lontong balap. Keduanya sama-sama menggunakan petis dalam kuahnya. Bedanya, lontong balap tidak menggunakan kupang.

Makanan khas Kota Pahlawan ini biasa disantap pada siang hari. Dalam sepiring lontong balap, ada potongan lontong, irisan tahu goreng, yang dipadu dengan sayur taoge atau kecambah.

Lalu, ada pula lento atau singkong dan kacang polong hingga bumbu ulegan yang dibentuk bulat. Saat menyajikan lontong balap, penjual tak ketinggalan menyiapkan petis pada piring dan ditambah dengan cabe atau sambal sesuai pesanan pembeli.

Lontong balap juga semakin terasa nikmat saat disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Juga sate kerang.

Sepiring lontong balap bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Lalu untuk sate kerangnya dijual dengan harga Rp 2 ribu per tusuk.

Dua jenis makanan tersebut menggunakan lontong. Di Surabaya juga ada sebuah kampung penghasil lontong. Bahkan kampung tersebut akhirnya disebut kampung lontong. Kampung Lontong berada di Banyu Urip Lor No.X, Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan.



Simak Video "Melihat Keseruan Balap Perahu Nelayan di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)