Penggemar Kuliner Wajib Cicipi Ini Saat Melintas di Kawasan Tapal Kuda

Penggemar Kuliner Wajib Cicipi Ini Saat Melintas di Kawasan Tapal Kuda

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 03 Mei 2022 09:45 WIB
Mantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk Lengkap
Pecel Rawon khas Banyuwangi (Foto: detikfood)
Surabaya -

Saat Anda melintasi wilayah Tapal Kuda di Jawa Timur, jangan lewatkan untuk berburu kulinernya. Sebab, sebanyak 7 daerah di sana menyimpan banyak kuliner legendaris yang membuat lidah bergoyang.

Tidak hanya lezat, makanan dari daerah Tapal Kuda juga ini juga terjangkau. Daripada penasaran, simak rinciannya berikut ini.

1. Pasuruan

Wilayah yang terbagi menjadi kota dan kabupaten ini memiliki banyak pilihan kuliner legendaris. Terlebih, harganya pun terjangkau dan porsinya yang tergolong besar.

Misalnya Sego Sambelan dan Sate Komoh di Kota Pasuruan. Yakni nasi campur dengan aneka sayur dan topping serundeng. Serta dipadukan dengan Sate Komoh, yakni sate yang terbuat dari daging sapi yang dibumbui aneka rempah. Anda bisa membelinya di sekitar Alun-Alun Kota Pasuruan.

Sate komohSate Komoh Foto: Muhajir Arifin

Selain itu, ada Sego Punel khas Bangil, Kabupaten Pasuruan. Yakni kuliner nasi bungkus dengan aneka lauk dan sayur dengan bumbu rempah yang khas. Dinamakan Sego Punel karena nasinya terkenal sangat pulen. Anda bisa mendapatkan kuliner ini di Warung Hj Lin, Jalan DR Soetomo No.9, Bangil.

2. Probolinggo

Saat pertama kali melintasi Kabupaten Probolinggo, Anda langsung bisa menemukan kuliner legendaris. Yakni Rawon Nguling yang berlokasi di Jaln Raya Tambakrejo 75, Tongas. Sangking legendarisnya, rawon ini telah berusia lebih dari 7 dekade.

Setelah itu, Anda bisa mencicipi Kepiting Olok di Kota Probolinggo. Yakni olahan kepiting muda yang direbus dengan aneka bumbu rempah dan udang. Untuk membeli kepiting ini, Anda bisa berkunjung ke daerah Mayangan, Kota Probolinggo. Di sana terdapat berbagai warung yang menjual kuliner ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi kuliner lainnya. Seperti Ketan Kratok dan Nasi Glepungan.

Rawon Jawa TimurRawon Foto: Shutterstock


3. Situbondo

Daerah yang terkenal dengan wisata pantai pasir putihnya ini ternyata menyimpan banyak masakan tradisional yang lezat. Sebut saja Tajin Palapa, yakni bubur yang dibumbui aneka rempah dan sayur yang gurih.

Anda bisa menemukan kuliner ini di berbagai lokasi. Misalnya di Jalan Kenanga, Jalan Cendrawasih, Jalan Semeru, dan lain-lain.

Selain Tajin Palapa, Ada juga Nasi Kaldu yang berbahan dasar daging kambing, kaldu kambing, dan taburan kacang hijau. Serta Sate Lalat, sate ayam khas Situbondo yang berukuran kecil-kecil atau Nasi Sodu khas Situbondo.

Nasi Sodu khas Situbondo menggoyang lidahNasi Sodu khas Situbondo Foto: Chuk S Widharsa

4. Bondowoso

Daerah Tapal Kuda ini terkenal dengan sebutan Kota Tape. Sebab, Anda bisa menemukan aneka ragam olahan tapai atau tape di sini.

Selain olahan tapai, Anda juga bisa mencicipi masakan khas Bondowoso lainnya, seperti Nasi Mamong. Yakni nasi gurih dengan aneka lauk dan sayur yang dibentuk kerucut. Lalu dibungkus daun pisang, dikukus, dan dibakar. Kuliner ini mudah ditemukan di berbagai titik Kabupaten Bondowoso.

Untuk makanan atau minuman penutup, Anda bisa cicipi olahan tape dipadu dengan Kopi khas Bondowoso.

olahan tape bondowosoOlahan Tape khas Bondowoso Foto: Chuk Shatu W

5. Lumajang

Mampir ke Lumajang, jangan lupa cicipi dan bawa oleh-oleh pisang khas Lumajang. Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk menjajal kuliner khas Lumajang.

Seperti Rujak Otek yang berisi rebung dan aneka sayuran lain, dan dipadu dengan petis khas Lumajang. Anda bisa membeli kuliner ini di Jalan Panglima Sudirman, Lumajang.

Selain itu, ada juga kuliner legendaris lainnyaa seperti Bakso bumbu rujak dan Lontong petis khas Bondowoso.

6. Jember

Kabupaten yang terkenal dengan agenda Jember Fashion Carnival ini juga memiliki aneka ragam kuliner khas. Misalnya Gudeg Lumintu.

Gudeg Lumintu bukan seperti Gudeg khas Yogyakarta pada umumnya. Namun, gudeg di sini dicampur dengan bumbu pecel khas Jawa Timur. Daripada penasaran, langsung saja mampir di Jalan Kertanegara 33, Jember.

Selain itu, Anda bisa cicipi Jenang Waluh yang terbuah dari buah labu. Serta Wedang Cor, yakni susu jahe yang dicampur dengan ketan hitam yang bisa menghangatkan badan.

7. Banyuwangi

Tiba di ujung pulau Jawa, yakni Banyuwangi. Di sini, Anda wajib mencicipi berbagai makanan khas yang tak kalah nikmat.

Misalnya Nasi Tempong yang terkenal dengan sensi pedasnya atau Sego Cawuk yang diberi kuah pindang dengan cita rasa gurih dan manis.

Selain itu, ada beragam kuliner 'campur' yang hanya bisa ditemukan di Banyuwangi. Misalnya Pecel Rawon dan Rujak Soto. Setelah itu, Anda bisa cicipi kue Kelemben. Yakni bolu kering khas Banyuwangi yang manis.

Kuliner Banyuwangi Naik Kelas, Menikmati Rujak Soto di RestoranRujak Soto Foto: Ardian Fanani

Selamat berwisata kuliner di wilayah Tapal Kuda, rek!



Simak Video "Pencinta Rawon Merapat! Ada Warung Khas Jawa Timur yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)