Yuk Kenali Makan-Cemilan Berbahan Apel Khas Malang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Selasa, 05 Apr 2022 14:35 WIB
Varian camilan berbahan baku Apel oleh-oleh khas Malang.
Keripik Apel oleh-oleh khas Malang. (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Buah Apel adalah salah satu buah yang sehat, berserat, dan bergizi. Buah ini juga digemari oleh hampir semua orang. Dan Malang Raya merupakan kabupaten di Jatim yang merupakan penghasil Buah Apel terbesar.

Tidak hanya segar saat disantap apa adanya, apalagi kalau masak pohon, Apel juga diolah menjadi berbagai produk turunan. Mulai dari olahan keripik, minuman, hingga bubur berbahan dasar Apel. Berikut ini ragam camilan berbahan dasar Apel yang dihimpun detikJatim dari situs Resmi Pemkab Malang dan sejumlah sumber resmi lainnya.

1. Keripik Apel

Jika berkunjung ke Malang atau Kota Batu tak lengkap rasanya bila tak mencoba keripik Apel. Keripik Apel khas Malang memiliki rasa yang unik. Paduan rasa antara manis, gurih, dan renyah menjadikannya wajib dicoba.

Camilan satu ini memiliki daya tahan yang cukup lama, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin membawakan oleh-oleh bagi keluarga dan tetangga di rumah.

2. Jenang Apel

Camilan hasil olahan Apel lainnya adalah Jenang Apel atau Bubur Apel. Camilan ini dibuat dari serat apel yang kemudian diolah menjadi jenang. Selain memiliki bahan dasar yang berbeda dari jenang pada umumnya, camilan khas Malang ini juga memiliki rasa dan tekstur yang khas.

Untuk menemukan Jenang Apel ini sangat mudah, Anda bisa mengunjungi sejumlah sentra oleh-oleh khas Malang.

Varian camilan berbahan baku Apel oleh-oleh khas Malang.Sari Apel bagian dari oleh-oleh khas Malang berbahan baku apel. Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim

3. Sari Apel

Olahan apel satu ini juga cukup populer. Yakni minuman siap saji dalam kemasan gelas plastik yang memiliki rasa segar. Sari Apel khas Malang pada umumnya diolah dari bahan Apel Manalagi atau Rome Beauty yang memang dikenal memiliki rasa manis atau perpaduan manis dan asam.

Untuk mendapatkan Sari Apel ini cukup mudah. Bahkan sudah tersedia di sentra oleh-oleh yang ada di sejumlah destinasi di Malang atau Kota Batu.

4. Apel Strudel

Strudel adalah kue manis yang berbahan dasar adonan pastry diisi dengan berbagai buah-buahan. Apel strudel khas Malang ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Malang untuk teman dan keluarga.

Tidak hanya tersedia di sentra oleh-oleh di destinasi wisata yang ada, Anda juga bisa menemukan sejumlah toko yang khusus menjual oleh-oleh khas Malang ini.



Simak Video "Berburu Aneka Macam Olahan Buah Apel yang Khas, Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)