6 Rekomendasi Rawon di Surabaya Ini Nagih Banget Lho Rek, Wajib Dicoba!

Revica Jausafadlina - detikJatim
Jumat, 25 Mar 2022 16:17 WIB
Rawon Setan: Uenak Poll! Rawon Daging Rawis Legendaris Surabaya Sejak 1952
Rawon Setan Surabaya (Foto: detikfood)
Surabaya -

Siapa yang tidak tahu Rawon? Kuliner yang difavoritkan sebagian orang ini memiliki kuah hitam yang gurih dengan isian daging sapi.

Rawon merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Timur, yang banyak ditemui di Pasuruan, Malang, hingga Surabaya. Daripada ngiler, yuk cek rekomendasi rumah makan yang menyediakan menu rawon di Surabaya.

1. Rawon Setan

Namanya terlihat seram ya? Tapi tenang, rumah makan ini dijuluki rawon setan karena menu rawon di sini memang terkenal pedas. Apalagi jika ditambahkan sambal.

Tidak hanya sambalnya yang khas, menu rawon di sini juga menyuguhkan daging sapi yang empuk. Kuah rawon yang berwarna hitam kental juga dapat membuat para pelanggan ketagihan.

Pengunjung pun dapat memilih tambahan isian kuah rawon. Seperti jerohan, telur, buntut sapi, dan daging.

Rawon setan berlokasi di pusat kota Surabaya, yakni di Jalan Embong Malang, No. 78. Harga seporsi rawon setan dibanderol Rp 28 ribu sampai Rp 36 ribu.

2. Rawon Kalkulator

Namanya memang cukup unik. Dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung total harga pembeli dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Tidak hanya unik, Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung.

Menu di rawon di sana dikenal sangat lezat. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telor asin, atau paru.

Seporsi rawon kalkulator ini dihargai Rp 22 ribu sampai Rp 30 ribu. Menemukan lokasi rawon ini juga cukup mudah, yakni di area Taman Bungkul Surabaya dan buka mulai pukul 08.00 WIB.

3. Rawon Nguling

Warung rawon yang satu ini juga sangat legendaris karena sudah dibuka sejak tahun 1940an di Nguling, Pasuruan. Meski begitu, rawon tersebut sudah membuka cabang di berbagai daerah, termasuk Surabaya.

Warung rawon nguling ini buka setiap hari mulai dari jam 07.30 pagi sampai dengan jam 21.00 malam. Seporsi rawon diberi harga sekitar Rp 26 ribu sampai Rp 65 ribu. Rawon Nguling ini terletak di Jalan Kendang Sari Industri No 41B.

Rawon nguling ini memiliki kuah yang tidak terlalu kental. Serta disajikan dengan tauge dan lauk pendamping, seperti gorengan dan telur asin. Menu yang ditawarkan juga tidak hanya rawon, namun ada rawon iga dan juga rawon buntut.

4. Rawon Gajah Mada

Rawon yang satu ini juga sangat terkenal di Surabaya karena memiliki kuah yang mantap dan pekat ditambah dengan isian daging empal yang lembut.

Tidak hanya itu, rasa kuahnya yang mantap dipadukan dengan taburan daun bawang, bawang goreng, serta sejumput taoge di atasnya yang semakin menggugah selera.

Seporsi rawon Gajah Mada ini dibanderol Rp 25 ribu. Warung ini di Jalan Raya Jemursari No 17A.

5. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat ini menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi saat berada di Surabaya. Yang membuat rawon ini berbeda dengan yang lain adalah menunya yang sangat beragam.

Mulai dari rawon krengsengan, rawon campur, sampai rawon empal suwir. Menu rawon krengsengan dikenal karena memadukan kuah rawon dengan krengsengan. Serta dagingnya disuwir mirip abon dengan tekstur yang lebih kasar.

Seporsi rawon Pak Pangat ini dibanderol mulai dari Rp 26 ribu sampai Rp 36 ribu. Warung ini beralamatkan di Jalan Ketintang Baru Selatan I/15, Gayungan.

6. Rawon Ibu Supinah

Warung rawon ini juga tak kalah legendaris dibanding warun rawon lainnya. Sebab, rawon tersebut sudah buka sejak tahun 1966. Rawon ini memiliki kuah yang gurih dengan cara memakannya yang unik, karena rawonnya dimakan bersama nasi dan empal serundeng.

Seporsi rawon diberi harga Rp 25 ribu rupiah. Warung rawon Ibu Supinah berlokasi di Jalan Pasar Kembang No 85.



Simak Video "Bikin Laper: Santapan Serba Rawon hingga Empal Gentong"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)