5 Rekomendasi Bebek Goreng Enak di Surabaya

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 26 Feb 2022 13:59 WIB
nasi bebek surabaya
Nasi bebek/Foto: Istimewa
Surabaya -

Berkunjung ke Surabaya tak lengkap rasanya jika tak mencicipi olahan bebek goreng. Di sini, bebek goreng enak bisa ditemui di warung kaki lima hingga restoran mewah.

Bebek di Surabaya biasanya digoreng dengan kering dan kriuk. Lalu ditambah serundeng kelapa yang digoreng kering hingga bumbu rempah khusus.

Olahan bebek ini semakin nikmat disantap dengan sambal terasi hingga sambal mangga muda atau pencit. Rasanya pun semakin mantap dimakan dengan nasi putih hangat dan lalapan timun, kol hingga kemangi.

Di Surabaya, tak susah menemukan warung bebek goreng dengan cita rasa maknyus. Ada sejumlah warung kaki lima yang bisa ditemui di sejumlah jalanan Kota Pahlawan.

Berikut rekomendasi 5 bebek goreng enak di Surabaya :

1. Bebek Purnama Asli
Bebek Purnama disebut telah berdiri sejak tahun 1992. Warung kaki lima ini berdiri di depan bangunan yang dulunya dikenal sebagai Bioskop Purnama, di Jalan Dinoyo Surabaya.

Jika ke Surabaya, masyarakat pasti banyak menemui warung bebek yang bertajuk Bebek Purnama. Padahal, sang pemilik mengklaim tak pernah membuka cabang. Bebek Purnama yang asli dan otentik hanya berada di sini.

Warung bebek ini juga tak pernah sepi pembeli. Yang membuat khas, yakni serundeng atau kelapa parut dibumbu rempah dan digoreng kering. Serundeng ini sangat pas dimakan bersama bebek goreng dan sambalnya yang pedas tapi bikin nagih.

2. Bebek Tugu Pahlawan
Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Namun, antrean yang mengular ini sepadan saat menyantap nasi bebek ini.

Kuliner kaki lima ini lokasinya berada di dekat Tugu Pahlawan Surabaya. Ukuran bebeknya pun besar-besar dan daging bebeknya empuk, namun rasanya gurih dan juicy.

Kudapan ini sangat pas saat dinikmati bersama serundeng goreng hingga sambalnya yang pedas sedap. Pengunjung bebek di sini, dijamin pasti akan nambah!

3. Bebek Palupi
Bicara nasi bebek di Surabaya tak lengkap rasanya jika tak mencicipi Bebek Palupi. Apa lagi, bebek ini dilengkapi dengan bumbu rempah yang gurih dan maknyus.

Apa lagi sambalnya yang dibuat spesial, semakin menggoyang lidah dan rasanya ingin nambah. Bebek Palupi bisa ditemui di Rungkut Asri Tengah Surabaya. Tertarik ke sini?

4. Bebek Sinjay

Nama Bebek Sinjay sudah tak asing lagi di telinga para penikmat kuliner bebek Surabaya. Bebek Sinjay biasanya ada di Madura. Namun, kini bebek Sinjay telah membuka cabang di sejumlah lokasi di Surabaya.

Masyarakat Surabaya kini bisa menikmati bebek legendaris ini tanpa perlu menyeberang ke Madura. Apa lagi harus antre dan berdesak-desakan di sana.

Bebek Sinjay memiliki sambal yang berbeda dari bebek pada umumnya. Di sini, bebek goreng dinikmati dengan sambal pencit atau mangga muda. Rasa pedas sambal ditambah asamnya mangga, menambah sensasi nikmat dalam menyantap bebek.

5. Bebek H Wachid Hasyim
Bebek legendaris lainnya di Surabaya yakni Bebek H Wachid Hasyim yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari. Di sini bebeknya berukuran besar, digoreng garing dan dinikmati dengan sambal pedas.

Depot H Wachid juga memiliki kedai yang luas, bersih dan nyaman untuk didatangi bersama teman hingga keluarga. Selain bebek, di sini juga menyediakan ayam goreng, soto ayam, rawon, lele penyet, tempe penyet, nasi krawu, hingga bakso kotak.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Bebek Goreng hingga Bistik Perdikan"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)