Divonis 7 Tahun, Simpatisan Mas Bechi Bertahan di Depan PN Meski Hujan

Divonis 7 Tahun, Simpatisan Mas Bechi Bertahan di Depan PN Meski Hujan

Deny Prastyo - detikJatim
Kamis, 17 Nov 2022 18:01 WIB
Simpatisan Mas Bechi masih bertahan di depan gerbang PN Surabaya
Simpatisan Mas Bechi masih bertahan di depan gerbang PN Surabaya. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Simpatisan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi masih bertahan di depan gerbang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Padahal sidang pembacaan vonis 7 tahun terhadap Mas Bechi telah usai.

Pantauan detikJatim, Mas Bechi keluar dari persidangan mengenakan rompi tahanan warna merah setelah sidang putusan yang berlangsung di PN Surabaya Jalan Arjuno, Kamis (17/11/2022) tuntas sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas terlihat mengawal Mas Bechi masuk ke dalam mobil kemudian mengantarnya kembali ke tahanan. Setelah mobil itu pergi, puluhan simpatisan Mas Bechi ternyata masih bertahan di depan gerbang PN Surabaya di tengah guyuran hujan.

Terlihat sebagian di antara simpatisan itu berdiri tepat di depan gerbang. Sebagian dari mereka terlihat menggunakan payung untuk melindungi diri, sebagian lainnya terlihat membiarkan tubuhnya diguyur hujan.

Pada saat yang sama petugas keamanan gabungan kepolisian yang berjaga selama jalannya persidangan juga masih terlihat siaga di balik pagar PN Surabaya.

Belum jelas mengapa para simpatisan Mas Bechi tersebut masih bertahan di depan kantor PN Surabaya. Beberapa di antara para simpatisan Mas Bechi itu merupakan mereka yang sempat mengikuti doa bersama selama sidang berlangsung.

Simpatisan Mas Bechi masih bertahan di depan gerbang PN SurabayaPetugas keamanan masih bersiaga di depan gerbang PN Surabaya. (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)

Sebelumnya, usai sidang putusan kasus pemerkosaan santriwati Ponpes Shiddiqiyyah itu sebagian dari simpatisan Mas Bechi yang hadir tampak berteriak-teriak. Mereka meneriakkan tudingan tentang sidang dan vonis terhadap Mas Bechi sehingga situasi menjadi sedikit ricuh.

"Ini rekayasa!" Teriak beberapa orang di antara simpatisan Mas Bechi tersebut.

Mas Bechi divonis 7 tahun penjara atas perkara pemerkosaan terhadap santriwatinya. Majelis hakim memutuskan bahwa Mas Bechi terbukti bersalah atas perbuatan cabul terhadap santriwati. Karena itu vonis yang dijatuhkan lebih ringan dari tuntutan jaksa 16 tahun pidana penjara.

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 289 KUHP juncto 65 ayat 1 dan membayar perkara Rp 3.000. Menjatuhkan pidana selama 7 tahun penjara," kata Hakim Sutrisno saat membacakan vonis di PN Surabaya.

Pantauan di lokasi, Mas Bechi yang memakai kemeja warna biru muda dan celana kain tampak menyimak vonis hakim. Selama sidang, dia tampak tenang dan menyimak semua pembacaan dari hakim.

Saat sidang berlangsung, simpatisan Mas Bechi yang mengatasnamakan Persaudaraan Cinta Tanah Air (PCTA) Indonesia sempat menggelar aksi doa bersama di depan gerbang PN Surabaya.



Simak Video "Mas Bechi Terdakwa Kasus Pemerkosaan Santriwati Divonis 7 Tahun Bui!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)