Sidang Vonis Diskorsing, Pemerkosa Santriwati Mas Bechi Diam Seribu Bahasa

Sidang Vonis Diskorsing, Pemerkosa Santriwati Mas Bechi Diam Seribu Bahasa

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Kamis, 17 Nov 2022 14:30 WIB
anak kiai jombang mas bechi jalani sidang di pn surabaya
Terdakwa pemerkosa santriwati Jombang, Mas Bechi (Foto: Praditya Fauzi Rahman)
Surabaya -

Sidang agenda putusan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42) terdakwa kasus pemerkosaan santriwati masih bergulir. Sidang dimulai sejak pukul 09.30 WIB di ruang Cakra, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Pantauan di lokasi, sidang dipimpin Hakim Sutrisno. Tampak juga terdakwa Mas Bechi mengenakan kemeja warna biru muda dan celana kain. Ia tampak tenang dan menyimak jalannya persidangan.

Di dalam ruangan pun dipadati sejumlah awak media dari online hingga televisi. Begitu juga dengan simpatisan dan para pendukung Mas Bechi.

Selama 3 jam berjalan, Hakim Sutrisno membacakan rangkuman sidang. Hakim kemudian memutuskan sidang ditunda untuk istirahat siang hingga pukul 14.00 WIB.

Usai sidang diskorsing, Mas Bechi kemudian dibawa ke ruang tahanan PN Surabaya dengan kawalan ketat dari petugas kejaksaan dan kepolisian. Mas Bechi diam seribu bahasa meski ditanya wartawan saat awal masuk ruangan dan saat sidang diskorsing.

Sebelumnya, Senin 10 Oktober 2022, jaksa menuntut Mas Bechi 16 tahun penjara. Tuntutan ini sesuai pasal yang menjeratnya yakni Pasal 285 juncto 65 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Namun, ancaman hukumannya ditambah sepertiga dari hukuman awal sesuai dengan pasal 65.

"Pasal 285 juncto 65 ayat 1 KUHP. Kami menuntut ancaman maksimal karena 285 KUHP ini 12 tahun (ancaman penjaranya) maka ditambah sepertiga dari pasal 65, maka total 16 tahun itu yang kami ajukan," kata Kajati Jatim, Mia Amiati di PN Surabaya, Senin (10/10/2022).

Tak hanya itu, Mia menyebut, dalam persidangan ini tak ada hal-hal yang meringankan Bechi. Untuk itu, pihaknya mantap menjatuhkan pidana 16 tahun ini.

"Dalam persidangan tidak ada hal-hal yang meringankan. Pada saat proses awal pemeriksaan terdakwa dan saksi-saksi kami peroleh, maupun pembuktian surat atau keterangan ahli yang lainnya, semua sudah dibuktikan tim penuntut umum dengan mengupayakan bagaimana melaksanakan tuntutan ini karena hati nurani dan atas nama undang-undang," imbuhnya.



Simak Video "Mas Bechi Terdakwa Kasus Pemerkosaan Santriwati Divonis 7 Tahun Bui!"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)