Gerindra Siap Koalisi dengan PKB di Pilgub Jatim 2024, Siapa Cagubnya?

Faiq Azmi - detikJatim
Kamis, 18 Agu 2022 20:57 WIB
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad. (Foto: Faiq Azmi/detikJatim)
Surabaya -

DPD Partai Gerindra Jatim menyatakan siap menjalankan kesepakatan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad menyebut sesuai poin perjanjian kedua partai salah satunya tentang koalisi pada Pemilu serentak 2024.

"Dan dalam diktum kesepakatan itu, berlaku pemilu serentak 2024. Jadi ini dapat diartikan sampai Pilkada 2024 (Pilgub Jatim)," kata Anwar Sadad di Surabaya, Kamis (18/8/2022).

Gus Sadad, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa peluang Gerindra dan PKB koalisi di Pilgub Jatim 2024 sangat terbuka. Dengan 2 tahun waktu tersisa memungkinkan untuk mengajak partai lain bergabung.

"Dengan kerja sama di level pusat tentu di daerah komunikasi kami semakin baik. Tidak menutup kemungkinan sampai Pilgub Jatim, dan tentunya partai lain yang ingin gabung monggo," kata Gus Sadad.

Soal siapa calon yang diusung di Pilgub Jatim 2024, Wakil Ketua DPRD Jatim ini menilai hal itu masih jauh momennya. Namun, ia menyebut, nama Khofifah Indar Parawansa masih sebagai Calon Gubernur Jatim terkuat.

"Bu Khofifah masih tertinggi ya secara survei. Namun Bu Khofifah ini levelnya sudah percaturan politik tingkat nasional. Masih belum jelas juga kontestasi Pilgub Jatim ke depan, karena masih ditentukan oleh pemilihan presiden dan pemilihan legislatif," bebernya.

"Apalagi kan Pilkada Serentak 2024 kursinya kan dihitung berdasarkan hasil Pileg 2024. Ditunggu saja, semua kemungkinan terbuka lebar," tandasnya.

Dari data yang dihimpun detikJatim, sejumlah nama kader internal dari Gerindra muncul di bursa survei Cagub Jatim 2024. Yakni Anwar Sadad sendiri, kemudian Kharisma Febriansyah, hingga Muhammad Fawait.

Untuk PKB sendiri ada sejumlah nama kader internal yang masuk bursa Cagub Jatim 2024. Yakni Abdul Halim Iskandar, Anik Maslachah, Badrut Tamam, hingga Thoriqul Haq.



Simak Video "24 Parpol yang Berkas Pendaftaran Pemilu Dinyatakan Lengkap oleh KPU"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)