Penyesalan Terlambat Pembunuh Kakek di Pasuruan yang Terancam Hukuman Mati

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 05:01 WIB
Pelaku pembunuh kakek di Pasuruan
Pembunuh kakek di Pasuruan menyesali perbuatannya. (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Pembunuh kakek bernama Saki (60) yang ditemukan tewas tergeletak penuh luka sempat dikira korban kecelakaan di Jalan Jenderal S Parman, Panggungrejo, Kota Pasuruan akhirnya tertangkap. Pelakunya adalah MA (29) yang merupakan tetangga di seberang rumah korban.

Dendam telah menguasai MA. Hingga pria itu merencanakan dan melakukan pembunuhan terhadap Kakek Saki pada Minggu (14/8) malam. Kepada polisi pria itu mengaku sakit hati terhadap Kakek Saki yang menurutnya kerap menghina orang tua dan keluarganya dengan perkataan tak senonoh.

"Puncaknya, seminggu sebelum kejadian korban dan tersangka bertengkar atau perang mulut. Kemudian didamaikan warga," kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Bima Sakti, saat rilis di Mapolres Pasuruan, Selasa (16/8/2022).

Pelaku yakni MA (29). Ia telah diamankan polisi pada Minggu (14/8). Pria itu juga telah mengakui bahwa dirinya lah yang membunuh korban. Hingga dia pun mengaku menyesali perbuatannya.

"Saya yang melakukannya. Saya sangat menyesal pak. Saya mohon maaf kepada keluarga korban," kata MA.

Ia mengaku ingin bertemu langsung dengan keluarga korban untuk meminta maaf. Namun, ia sadar hal itu sulit terwujud dalam waktu dekat.

"Mungkin saya akan berkunjung ke rumah setelah saya bebas," ujarnya.

Tak hanya itu, MA juga meminta maaf pada keluarganya.

"Saya juga minta maaf kepada keluarga saya. Minta maaf sebanyak-banyaknya," ungkapnya.

Penyesalan itu datang terlambat. Atas perbuatan yang dilakukannya polisi menjerat MA dengan pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP dan atau pasal 351 ayat 3 KUHP.

Pria itu terancam hukuman minimal 7 tahun penjara dan maksimal hukuman mati.

Kronologi pembunuhan Kakek Saki, baca di halaman selanjutnya.