Reaksi Arist Merdeka soal Poster 'WANTED' Jelang Sidang Bos SPI: Ngguyu Aku

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 19:48 WIB
Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait saat menyampaikan kekecewaan usai sidang di Pengadilan Negeri Malang Kelas I
Arist Merdeka Sirait menanggapi santai poster dirinya bertuliskan 'WANTED' jelang sidang Bos SPI. (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Malang -

Poster wajah Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait bertuliskan 'WANTED' alias buron bertebaran di halaman Pengadilan Negeri (PN) Malang jelang sidang Bos Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI). Arist pun buka suara soal poster bergambar dirinya tersebut.

"Ngguyu aku (ketawa saya), semakin banyak itu (poster), semakin baik. Kalau bisa sepanjang PN Malang, itu kan jalannya lurus, ya dipasang saja (poster) supaya saya terkenal," ujarnya kepada awak media, Rabu (10/8/2022).

Arist pun mengaku tidak merasa marah melihat wajahnya dipampang di poster bertuliskan 'WANTED' tersebut. Menurutnya, poster itu malah membuat dirinya semakin dikenal oleh masyarakat.

"Saya tidak marah terkait hal tersebut. Nggak papa, dipasang banyak juga nggak masalah. Kalau diambil kesimpulan, ini merupakan bentuk kepanikan lawyers karena sudah mendekati putusan dari Majelis Hakim," terangnya.

"Katanya kuasa hukum lansia (Hotma Sitompul), redaksi tulisannya dibuat oleh masyarakat yang bersimpati. Padahal, redaksi tulisannya sama seperti redaksi yang sering diucapkan (kuasa hukum JE) di podcast-podcast. Itu bohong (poster dari warga) akui saja," kata Arist.

Sementara itu, pengacara JE, Jeffry Simatupang mengaku tak tahu siapa yang memasang poster tersebut.

"Kami tidak mengetahui apa isi poster itu, siapa yang memasang poster itu, justru kami mengetahuinya dari rekan-rekan wartawan," ujar Jeffry kepada awak media setelah sidang pembacaan Replik JPU rampung.

Jeffry menyebut, poster itu kemungkinan dibuat oleh seseorang yang merasa simpati kepada JE.

"Klien kami kan sering tuh wajahnya dipampang oleh kubunya AMS (Arist Merdeka Sirait). Mungkin ada yang bersimpati dengan kami lalu membuka hal yang sama. Tapi pertanyaanya, apakah itu fotonya AMS? kami juga nggak tahu, karena itu (bagian mata) ada hitam-hitamnya," tandasnya.

Sebelumnya,jelas sidang replik kasus kekeasan seksual Bos SPI hari ini, halaman Pengadilan Negeri (PN) Malang bertebaran poster. Poster tersebut menampilkan wajah Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait yang matanya disensor garis hitam.



Simak Video "Kak Seto Sebut Komisi yang Dipimpin Arist Merdeka Sirait Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)