Sidang Suap PT SGP, Saksi Ngaku Tak Kenal Hakim Itong

Suparno - detikJatim
Jumat, 22 Jul 2022 19:20 WIB
Sidang agenda saksi kasus suap hakim nonaktif Itong
Foto: Sidang agenda saksi kasus suap hakim nonaktif Itong (Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Sidang hakim nonaktif Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Itong Isnaini Hidayat dalam kasus suap kembali bergulir. Kali ini agenda sidang yakni pemeriksaan saksi.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Jalan Raya Juanda Sidoarjo, Jumat (22/7/2022). Sidang tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 12.30 WIB.

Sedangkan untuk sesi kedua digelar mulai pukul 13.00 hingga 15.00 di ruang sidang Cakra sampai selesai. Adapun saksi yang dihadirkan yakni Abdul Majid, Prihantoyo dari kontraktor dan Hermin bagian keuangan dari kontraktor.

Hakim Itong sendiri tampak hadir dengan memakai baju batik warna kuning Kombinasi hitam. Dengan mengenakan celana warna hitam terlihat duduk di kursi penasihat hukum.

Abdul Majid Direktur PT Soyu Giri Primedika (SGP) dihadirkan oleh JPU sebagai saksi yang memberatkan terdakwa Itong Isnaini Hidayat. Saat ditanya oleh kuasa hukum terdakwa apakah kenal, Majid mengaku tidak kenal.

"Kami tidak kenal dengan terdakwa Itong, kami menyerahkan sepenuhnya untuk pembubaran PT SGP kepada Hendro kuasa hukum PT SGP dan sejumlah uang untuk biaya, pembubaran PT SGP," kata Abdul Majid dalam persidangan, Jumat (22/7/2022).

Sementara itu saksi yang lain Prihantoyo dari kontraktor, saat diberikan pertanyaan oleh Mulyadi kuasa hukum terdakwa juga menjawab tidak kenal dengan terdakwa.

"Kami juga tidak mengenal dengan terdakwa yang bernama Itong. Kami mengenal dari pemberitaan media," kata Prihandoyo.

Seusai sidang Itong membela diri dengan mempertanyakan siapa yang menyuap dan memberikan suap ke dia.

"Dari keterangan saksi tadi tidak korelasinya sama sekali masalah saham, masalah penyerahan tanah. Perkara saya sebetulnya simpel, saya didakwa menerima suap. Siapa yang menyuap saya, dan siapa yang memberikan uang ke saya," kata Itong di PN Tipikor kepada wartawan.



Simak Video "Ketua Peradi Semarang Jadi Kuasa Hukum Yosep Parera"
[Gambas:Video 20detik]