Hakim PN Surabaya Nonaktif Itong Isnaeni Dijebloskan ke Rutan Medaeng

Tim DetikJatim - detikJatim
Selasa, 07 Jun 2022 18:21 WIB
Itong Isnaeni Hidayat di Rutan Medaeng
Itong Isnaeni Hidayat tiba di Rutan Medaeng (Dok. Kemenkumham Jatim)
Sidoarjo -

Hakim Pengadilan Negeri Surabaya nonaktif, Itong Isnaeni Hidayat mulai menjalani penahanan. Itong ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya Selasa (7/6).

Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji mengatakan tidak ada perlakuan istimewa untuk Itong. Sesuai dengan SOP, setiba di rutan, Itong harus dimasukkan ke sel isolasi.

"Sesuai SOP penerimaan tahanan di masa pandemi, yang bersangkutan (Itong) harus masuk sel isolasi terlebih dahulu," ujar Zaeroji dalam keterangan resmi yang diterima detikJatim, Selasa (7/6/2022).

Dikatakan Zaeroji, sel isolasi yang dimaksud adalah tempat untuk pengendalian COVID-19. Seperti tahanan lain, Itong akan diisolasi selama 7-14 hari.

"Semua warga binaan harus diperlakukan sama, tanpa diskriminasi," tegas Zaeroji.

Sementara itu, Karutan Surabaya Wahyu Hendrajati mengatakan bahwa pihaknya menerima pelimpahan Itong sekitar pukul 11.00 WIB. Itong diantarkan oleh Jaksa KPK Yosi A Herlambang dan tim pengantar tahanan.

"Setelah proses registrasi, langsung masuk ke sel isolasi," ujar Wahyu.

Menurut Wahyu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan KPK terkait kesehatan Itong. Sehingga, ketika ada masalah kesehatan di kemudian hari, bisa melakukan tindakan yang diperlukan.

"Dokter rutan sudah komunikasi dengan KPK, agar pelayanan kesehatan yang kami berikan bisa sesuai kebutuhan yang bersangkutan," tandas Wahyu.

Sebelumnya, hakim PN Surabaya Itong Isnaeni dan seorang panitera di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Mereka ditangkap pada 19 Januari 2022 karena diduga menerima suap terkait vonis perkara PT Soyu Giri Primedika.



Simak Video "Hakim-Panitera PN Surabaya yang Kena OTT Tiba di KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)