Sidang Perdana Kasus Pencabulan, Mas Bechi Didampingi 10 Pengacara

Sidang Perdana Kasus Pencabulan, Mas Bechi Didampingi 10 Pengacara

Enggran Eko Budianto, Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Senin, 18 Jul 2022 10:36 WIB
Sidang perdana Mas Bechi
Sidang perdana Mas Bechi (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Sidang perdana pelaku pencabulan dan pemerkosaan pada santriwatinya, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42) digelar hari ini di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Dalam sidang ini, Mas Bechi dibela 10 pengacara.

Pantauan detikJatim, sidang berlangsung secara tertutup. Sidang digelar secara daring atau online. Sementara Mas Bechi mengikuti jalannya persidangan dari Rutan Klas I Surabaya atau Rutan Medaeng.

Namun terlihat ada 10 pengacara yang hadir di lokasi persidangan. Informasi yang dihimpun detikJatim, tim kuasa hukum ini diketuai I Gede Pasek Suardika.

Sementara Ketua Umum Organisasi Shiddiqiyyah (Orshid) Joko Herwanto saat dikonfirmasi menyebut Mas Bechi telah memiliki pengacara. Namun, dia tak hafal siapa-siapa saja kuasa hukum Mas Bechi.

"Sepertinya sudah, cuma saya belum tahu siapa saja yang jadi tim hukum. Silakan konfirmasi langsung ke PN Surabaya," kata Joko saat dikonfirmasi, Senin (18/7/2022).

Di kesempatan berbeda, Humas Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Anak Agung Gede Agung Parnata menyebut, sidang dengan nomor perkara 1361/Pid.B/2022/PN Sby dipimpin Ketua Majelis Hakim Sutrisno. Ia akan didampingi 2 hakim anggota, yakni Titik Budi Winarti dan Khadwanto.

"Untuk Panitera Pengganti Achmad Fajarisman," ujarnya.

Sidang dengan agenda dakwaan kali ini bakal digelar di Ruang Cakra. Dalam sidang, ada 11 JPU yang bakal membacakan dakwaan sesuai Pasal 285 KUHP Juncto Pasal 65 KUHP.

Sebelumnya sidang kasus pencabulan dengan terdakwa Mas Bechi, putra pimpinan Ponpes Shiddiqiyyah sengaja tidak digelar di PN Jombang. Sidang digelar di PN Surabaya dengan alasan keamanan dan kondusivitas.



Simak Video "Mas Bechi Ditangkap! Pengurus Orasi Perang Bela Shiddiqiyyah"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)