Kata Kadiv Keimigrasian Jatim Soal Oknum Pegawai Imigrasi Jember Nyabu

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Kamis, 30 Jun 2022 14:47 WIB
Kantor Imigrasi Jember
Kantor Imigrasi Jember. (Foto: Yakub Mulyono/detikJatim)
Surabaya -

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jatim angkat bicara perihal oknum pegawai Imigrasi Jember yang tertangkap nyabu bareng pengusaha. Kemenkumham Jatim akan memperketat tes kesehatan termasuk tes urine.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo mengatakan untuk mengantisipasi hal serupa terulang kembali pihaknya berjanji akan lebih detail dan ketat melakukan beragam tes kesehatan.

"Pasti (tes urin dan pemeriksaan lainnya secara ketat), kami lakukan pembinaan langsung," ujar Hendro ketika dikonfirmasi detikJatim, Kamis (30/6/2022).

Hendro menegaskan bahwa oknum pegawai berinisial B itu sudah dicopot dari jabatannya meski sifatnya hanya sementara. "Dicopot sementara waktu," katanya.

Hendro menegaskan, pencopotan yang dimaksud bukanlah pemecatan. Melainkan hanya dinonaktifkan statusnya sebagai pegawai dari imigrasi.

Kendati demikian ia mengaku pihaknya telah mengusulkan perihal itu. Terlebih ketika ada unsur atau faktor lain yang memberatkan oknum B.

"Untuk sekarang diusulkan untuk diberhentikan sementara, sedang diproses dan (sudah) dinonaktifkan sebagai pegawai," ujarnya.

Ketika disinggung keterlibatan pegawai atau jajaran lain, Hendro mengaku masih belum tahu detail. Ia menyatakan pihaknya masih melakukan pendalaman.

"Saya kurang dapat informasi kalau atasannya (turut menggunakan atau mengetahui), karena hari ini masih kami lakukan pemeriksaan kepada pimpinan dan yang berkaitan tentang kepegawaian dan keamanan," tuturnya.

Hendro mengungkapkan pihaknya masih mendalami hal itu dengan melakukan pemeriksaan internal. Sementara B masih menjalani proses hukum di kepolisian.

"Baru mulai pemeriksaan per hari ini, kalau oknum B kan tidak bisa kami periksa karena masih diperiksa kepolisian. Kami serahkan (proses hukumnya). Kalau keterkaitan dengan atasan dan kepegawaian kami periksa semua. Pokoknya terkait samping-sampingnya kami dalami, kami mintai keterangan," katanya.

Sebelumnya, seorang oknum pegawai Kantor Imigrasi Jember ditangkap polisi karena kasus narkoba. Oknum tersebut ditangkap saat nyabu bersama temannya yang merupakan seorang pengusaha.

"Benar, sudah kami amankan. Ada dua orang," kata Kasat Narkoba Polres Jember AKP Sugeng Iryanto, Kamis (30/6/2022).

Menurut Sugeng, oknum pegawai Kantor Imigrasi Jember yang tertangkap itu berinisial B. Sedangkan seorang pengusaha yang ikut ditangkap diketahui berinisial SH. Dari catatan kepolisian, SH merupakan residivis kasus narkoba.

Sugeng enggan menjelaskan detail kronologi penangkapan keduanya. Alasannya, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan intensif.



Simak Video "Polisi di Parepare Gagalkan Penyelundupan 11 Kg Sabu-sabu"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)