Polisi Tetapkan Ibu Kandung Jadi Tersangka Kasus Bayi Tewas di Surabaya

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Minggu, 26 Jun 2022 18:00 WIB
Polisi tetapkan status tersangka ibu kandung korban bayi yang tewas
Polisi tetapkan status tersangka ibu kandung korban bayi yang tewas (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Polisi menangkap dan menetapkan satu orang tersangka kasus mayat bayi yang membusuk di rumah neneknya. Tersangka adalah Eka Sari Yuni Hartini (25) yang tak lain adalah ibu kandung korban.

Tersangka ditangkap pada Sabtu (25/6) sekitar pukul 23.00 WIB. Atau sesaat evakuasi jenazah bayi dari rumah neneknya di Jalan Siwalankerto Tengah Gang Anggur.

"Pelaku ditangkap pada Sabtu malam sekitar 23.00 WIB," Kapolsek Wonocolo Kompol Roycke Hendrik Fransisco, Minggu (26/6/2022).

Roycke menambahkan penetapan tersangka berdasarkan dari serangkaian pemeriksaan saksi dan hasil autopsi jenazah bayi yang diketahui meninggal karena dianiaya tersangka.

Penganiayaan itu, lanjut Roycke, dilakukan pada Selasa tanggal 22 Juni 2022 sekitar pukul 16.00 WIB.

Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan Pasal 80 aya 3 UU RI No. 35 tahun 2014 tentang perubahan UU No. 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak atau Pasal 44 ayat 3 dan Ayat 4 UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan ancaman hukuman pidan penjara 20 tahun atau 15 tahun penjara.

Terungkapnya temuan jenazah ini bermula dari ESB (46) yang keluar rumah pada Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Ia lantas bertemu dengan tetangganya.

Kepada tetangganya itulah ESB menceritakan bahwa di rumahnya, cucunya yang baru berusia 5 bulan telah meninggal. Mengetahui hal itu Adam segera menghubungi Polsek Wonocolo.

Kepolisian setempat bersama Tim Inafis Polrestabes Surabaya sudah melakukan olah TKP dan melakukan sterilisasi rumah tersebut dengan memasang garis polisi.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)